oleh

3 Jenis Makanan yang Membuat Kualitas Sperma Menurun, Pria Wajib Tau!

5w1hindonesia.id, Bandarlampung – Salah satu faktor penentu bagi kamu yang sedang memiliki program untuk memiliki keturunan adalah memiliki sperma yang sehat dan berkualitas, khususnya bagi kaum adam.

Dengan sperma sehat dan berkualitas, peluang untuk memiliki keturunan yang di idamkan tentu semakin terbuka lebar.

Namun rupanya, mengutip detik.com dari University of Chicago Medicine, ada beberapa faktor yang menyebabkan kualitas dari sperma itu menurun. Salah satunya adalah melalui makanan.

Berikut ini, ada 3 jenis makanan yang harus kamu hindari untuk memiliki sperma dengan kualitas super!

Baca Juga  Kondom Bisa Bikin Pasanganmu Makin Cinta, Kok Bisa?

Daging Olahan

Daging olahan, atau daging siap saji yang sudah dikemas memiliki potensi menurunkan kualitas sperma kita. Daging jenis ini juga lazim kita temui di berbagai pusat perbelanjaan, bahkan untuk di Indonesia tersedia di warung-warung kecil.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Wiley Online Library di tahun 2017, mengonsumsi daging merah olahan dapat berpengaruh pada penurunan jumlah dan motilitas sperma. Motilitas sperma merupakan kemampuan sperma dalam bergerak dan berenang di dalam saluran reproduksi wanita.

Makanan berlemak trans

Lemak trans atau lemak jenuh merupakan sumber dari berbagai macam penyakit kronis. Sebut saja penyakit jantung, obesitas dan stroke.

Baca Juga  Mitos Soal Dengkul Kopong dan Kebiasaan Onani

Lemak jenuh ini biasanya terdapat pada makanan hasil olahan dengan cara digoreng. Dan sayangnya, lemak ini juga bisa mempengaruhi kualitas sperma.

Ini dibuktikan dengan adanya penelitian di Spanyol pada 2011. Dalam studi tersebut menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan asupan lemak trans dengan penurunan jumlah sperma.

Produk kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan manfaat. Di Indonesia sendiri, kedelai umumnya sering digunakan sebagai bahan untuk membuat tahu dan tempe serta makanan olahan lainnya.

Baca Juga  5 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

Meskipun demikian, memakan makanan yang mengandung kedelai secara berlebihan bisa menurunkan kualitas sperma.

Produk kedelai mengandung fitoestrogen, senyawa mirip estrogen yang berasal dari tanaman. Estrogen lebih dikenal sebagai hormon seks wanita.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pria pasien klinik kesuburan di Boston, Amerika Serikat, mengungkap bahwa asupan kedelai yang berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma. Studi ini pun telah diterbitkan di National Library of Medicine pada 2008.

(Cr)

 

(Visited 93 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed