oleh

38 Kelompok Tani Terima Bantuan 13 Ton Benih Padi

5W1H, Bandar Lampung – Wali Kota Bandar Lampung Herman HN menyerahkan bantuan sebanyak 13 ton benih padi dari Dinas Pertanian Bandar Lampung kepada sebanyak 38 kelompok tani yang tersebar di delapan kecamatan di wilayah Bandar Lampung.

Tak hanya itu petani juga diberikan sosialisasi benih dan juga penanamannya.

Herman HN seusai acara penyerahan menyatakan bantuan pemerintah kota terhadap masyarakat petani ini dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

“Ya ini kan bukan baru-baru ini saja diberikan benih unggul. Tiap tahunnya kita kasih. Sejak sembilan tahun lalu kita sudah sering membagikan banyak bantuan kepada masyarakat petani,” ungkapnya di Kelurahan Rajabasa Jaya, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga  Dengar Keluhan Warga, Wali Kota Herman HN Lakukan Ini!

Ia menuturkan selain memberikan bantuan benih padi, melalui anggaran APBD dan APBN ini pemkot juga memberikan bantuan dua unit hand tractor capung untuk holtikultura, empat unit handsprayer dan dua unit mesin pompa air.

“Ada juga sebelumnya kita bantu pabrik padi, hand tractor,  pupuk, alat panen, benih, sapi, bahkan kambing juga pernah,” urai Herman.

Ia juga menegaskan jika apa yang sudah diserahkan ke kelompok tani untuk dimanfaatkan bersama.

Sehingga tidak ada yang dimiliki perorangan maupun dikembalikan ke pemerintah.

Baca Juga  Tata Wilayah Pesisir, DPRD Provinsi Lampung Dapil I Bandar Lampung Apresiasi Kinerja Pemkot

“Harapan saya masyarakat petani ini harus makmur. Nggak ada yang dikembalikan ke pemerintah maupun perorangan. Pokoknya dari mereka untuk mereka,” paparnya.

Sementara Kadis Pertanian Bandar Lampung Agustini menuturkan, bantuan yang diberikan untuk menyejahterakan masyarakat petani.

“Jadi masyarakat juga tidak cuman diberi bantuan benihnya saja, tetapi juga diberikan sosialisasi lebih lanjut mengenai bagaimana mengoptimalkan benih ini,” paparnya.

Agustini berharap masyarakat bisa memanfaatkan bantuan dengan baik dan mampu meningkatkan hasil panenannya.

“Ya ini agar masyarakat petani lebih sejahtera tentunya karena hasil panennya nanti lebih optimal dengan penggunaan benih unggul,” pungkasnya.

Baca Juga  Wali Kota : Sekolah Beroperasi di Bandarlampung Diperkirakan Akhir Juli

Salah satu anggota Kelompok Tani Maju Jaya, Adman mengaku sudah sering kali menerima benih padi unggul dengan tipe Pak Tiwi ini.

Ia berharap bisa memberikan hasil sesuai pemaparan dalam sosialisasi dimana dengan benih 25 kilogram  atau lima kantong ukuran 5 kilogram mampu menghasilkan 10 ton panenan dalam lahan 1 hektar.

“Ini dalam satu hektar dapat 10 ton, kalau pakai benih biasa paling hanya 7 ton itupun jika tidak kena hama,” ujarnya. (SA)

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed