oleh

Cara Mendapatkan Bayi Kembar

-Artikel, Health-369 views

5W1HIndonesia.id, Health – Memiliki anak kembar adalah dambaan bagi sebagian pasangan suami istri. Banyak pasangan yang telah melakukan upaya untuk bisa melahirkan anak kembar. Namun tidak semua berjalan mulus seperti yang di inginkan.

Pada umumnya, seorang wanita bisa memiliki peluang besar untuk melahirkan anak kembar karena faktor keturunan atau genetik.

Menurut American Society for Reproductive Medicine (ASRM), perempuan yang memiliki riwayat kembar akan menghasilkan sekitar 1 kehamilan kembar dalam setiap 60 kehamilan. Adapun pria yang memiliki riwayat kembar hanya akan menghasilkan sekitar 1 kehamilan kembar dalam setiap 125 kehamilan.

Namun, Benny Johan Marpaung, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan, mengatakan bahwa garis keturunan tidak menjadi faktor mutlak seorang perempuan hamil anak kembar.

Anak kembar itu sendiri dibagi menjadi dua, yakni kembar identik atau dikenal dengan monozigot dan non identik atau Fraternal.

Melansir berbagai sumber, tim 5W1H Indonesia telah merangkum beberapa cara agar bunda bisa melahirkan anak kembar dengan cara yang alami.

Usia 30 Tahun Keatas Lebih Berpeluang

Perempuan dengan usia diatas 30 tahun lebih berpotensi melahirkan anak kembar. Karena, mereka cenderung menghasilkan follicle stimulating hormone (FSH) lebih banyak dibandingkan perempuan yang lebih muda.

Baca Juga  Cukup Dengan Ini, Cara Cepat Menghilangkan Cegukan

Ini membuat mereka mengeluarkan lebih dari satu folikel sel telur saat masa subur atau ovulasi. Hal inilah yang mendorong suntuk mereka memiliki anak kembar.

Namun demikian, Benny tetap meminta agar perempuan yang hamil diatas usia 30 tahun agar lebih berhati-hati dikarenakan banyaknya resiko penyakit komplikasi seperti seperti hipertensi, preeklampsia dan diabetes gestasional yang rentatn terjadi pada perempuan yang hamil di usia tersebut.

Tubuh yang Ideal

Memiliki tubuh tinggi dan berat badan yang idel rupanya bisa memiliki peluang melahirkan anak kembar.

Sedangkan, Perempuan yang diet rendah lemak memiliki peluang lebih kecil untuk melahirkan anak kembar.

Lemak ekstra menyebabkan peningkatan kadar estrogen. Tingkat estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan stimulasi berlebih pada ovarium. Alih-alih melepaskan hanya satu sel telur saat ovulasi, indung telur mungkin melepaskan dua atau lebih.

Jumlah anak

Biasanya, jika seorang Ibu telah melahirkan anak lebih dari akan memiliki peluang untuk melahirkan anak kembar di kehamilan berikutnya.

Namun, peluang akan menjadi lebih besar jika sang Ibu pernah memiliki anak kembar pada kelahiran sebelumnya. Ini membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan memproduksi lebih dari satu ovum.

Baca Juga  Cara Melacak Lokasi Seseorang Melalui Internet
Obat Penyubur Untuk Perempuan

Beberapa ahli berpendapat bahwa mengonsumsi obat penyubur dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil kembar. Ini dapat meningkatkan kemungkinan perempuan mengeluarkan sel telur lebih dari satu pada saat bersamaan. Dengan begitu, ia pun bisa mendapatkan bayi kembar tidak identik.

Bayi Tabung

Fertilisasi in vitro (IVF) atau yang dikenal pula dengan istilah bayi tabung dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Ini adalah proses penggabungan sel telur dan sperma di laboratorium untuk menghasilkan embrio. Mereka kemudian mentransfer embrio yang telah dibuahi ke dalam rahim perempuan.

Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan, ahli kesehatan biasanya menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Kehamilan kembar dapat terjadi bila kedua embrio yang ditanam berkembang dengan sukses.

Meski begitu, ini dapat menyebabkan risiko yang tidak diinginkan. Untuk itu, ahli kesehatan biasanya akan membatasi jumlah embrio yang mereka transfer ke rahim perempuan untuk mengurangi kemungkinan risiko tersebut.

Inseminasi intrauterine (IUI)

Inseminasi intrauterine (IUI) adalah sebuah proses menyuntikan kedalam rahim. Proses ini tidak memberikan peluang untuk melahirkan bayi kembar.

Namun, dalam beberapa kasus, proses IUI yang dibantu dengan konsumsi obat subur secara rutin dapat membuat program bayi kembar berpeluang lebih tinggi untuk berhasil.

Baca Juga  Ingin Manfaatnya Optimal, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih
Mengonsumsi asam folat

Asam folat diketahui dapat memengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio, dan keseluruhan proses kehamilan. Suplemen yang mengandung asam folat, myo-inositol, dan melatonin dipercaya membantu meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium. Untuk itu, perempuan dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sejak mempersiapkan kehamilan.

Selain suplemen, Mama juga bisa mendapatkan asam folat dari berbagai makanan alami, seperti:

  • Sayuran berwarna hijau: Asparagus, brokoli, sawi hijau, bayam, kubis
  • Kacang-kacangan: Kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang kedelai
  • Biji-bijian: Gandum, sereal
  • Buah-buahan : Alpukat, jeruk, bit
  • Makanan laut : Salmon
  • Umbi-umbian: Ubi jalar adalah salah satu yang paling direkomendasikan
  • Hati sapi
  • Telur
  • Susu

Untuk diketahui, Kebutuhan asam folat yang dianjurkan untuk perempuan yang sedang menjalankan program hamil ialah 400 mcg atau 0,4 mg per hari. Sebaiknya ini dikonsumsi sebulan sebelum masa konsepsi atau pembuahan.

Dosis tersebut bisa didapatkan dari makanan alami yang mengandung asam folat atau pun dari suplemen.

(Visited 143 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed