oleh

5 Menu Makanan Sehat di Musim Penghujan

-Artikel, Health-37 views

5W1HIndonesia.id, Lifestyle – Dilansir dari bmkg.go.id, Saat ini Indonesia telah memasuki musim penghujan sejak bulan Oktober 2020 lalu dan masih akan berlangsung hingga awal 2021 mendatang.

kali ini redaksi 5w1hindonesia mencoba memberikan rekomedasi Makanan yang cocok dikonsumsi dikala hujan tiba dan juga guna menjaga kondisi tubuh tetap hangat.

Berikut daftar 5 makanan hangat mudah ditemui dan mudah dibuat ketika hujan mengguyur :

1. Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang hampir pasti dicari ketika hujan tiba, bola dari daging sapi disiram kuah kaldu dari lemak ataupun tulang yang sudah direbus bersama bumbu kuah.

menu yang satu ini sangat cocok disantap ketika hawa dingin mulai menghinggapi tubuh. Sensasi hangat yang timbul ketika menyeruput kuah yang hangat membuat tubuh merasa segar dan bagi pecinta pedas dapat menambahkan cabai guna membuat sensasi hangat makin bertambah dari pedasnya cabai.

2. Sayur Lodeh

Masakan berkuah putih yang satu ini memang cocok menemani nasi putih hangat ketika hujan tiba, gurihnya kuah santan berisi sayur-sayuran yang umumnya, daun melinjo, kacang panjang, terong hijau,dan labu siam.

Hidangan ini juga bisa disesuaikan dengan selera jenis sayuran ataupun tingkat kepedasannya, ditemani sambal goreng pedas, ikan asin, dan lauk goreng lainnya, makin membuat masakan khas Jawa tengah ini makin nikmat disantap.

3. Sayur Asem

Hidangan yang khas dengan kesegarannya yang berasal dari asam jawa. Selagi masih hangat makanan ini cocok disantap ketika hujan tiba.

Sensasi pedas ulekan cabai bersama rempah-rempah lainnya makin memperkuat kesegaran dan sensasi hangat yang ditimbulkan, disantap bersamaan dengan sambal bawang, tempe/tahu goreng, dan lauk goreng lainnya juga menambah kenikmatan masakan yang satu ini.

4. Seblak

Makanan yang menyajikan cita rasa pedas, sederhana, murah, dan praktis satu ini bisa jadi pilihan saat hujan, berisi bahan-bahan yang mudah didapat seperti kerupuk rebus, ceker, makaroni, bakso, sosis, dan lain-lain.

Makin nikmat ketika dipadukan dengan kuahnya yang berisikan rempah hangat seperti cabai, bawang merah, bawang putih, daun bawang, tomat, kencur, dan lain-lain, juga bisa ditambahkan telur atau daging sebagai protein yang makin melengkapi hidangan ini.

5. Sop

Masakan yang memiliki banyak variasi protein seperti, daging, ayam, telur dan protein lainnya, yang menemani rebusan sayuran, wortel, kentang, buncis, kol, daun seledri, daun bawang dengan bumbu sederhana bawang putih, merica, penyedap rasa, dan garam.

Kita tidak bisa meninggalkan sop dalam daftar ini, selain mudah dibuat dan juga mudah dicari. Ketika sop yang hangat disantap bersama turunnya hujan, serta dipadukan dengan sambal dan nasi hangat, hidangan ini bisa menimbulkan rasa hangat yang melawan dinginnya cuaca.

itulah 5 daftar makanan hanagat yang mudah kita temukan dan juga mudah dibuat ketika musim hujan tiba, makanan berkuah memanglah cocok ketika disantap saat hujan.

selain memiliki bumbu rempah yang menghangatkan, lauk atau kondimen yang ditambahkan pun bisa berperan melengkapi hidangan tersebut ketika dinikmati. (RA/CR)

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed