oleh

Apa Perbedaan Thermogun Klinik dan Thermogun Industri? Ini Penjelasan BSN

-Nasional-744 views

5W1HIndonesia.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, kendati pemerintah sudah memberlakukan pelonggaran aktivitas di beberapa wilayah, namun penerapan protokol kesehatan tetap harus diutamakan. Diantaranya adalah dengan mengukur suhu tubuh sebelum beraktivitas.

Salah satu peralatan ukur yang sering dijumpai oleh masyakarat pada masa pandemi covid-19 ini adalah thermometer gun atau kerap disebut sebagai thermogun.

Baca Juga  BSN Undang Jurnalis Ikuti Anugerah Jurnalistik BSN 2021

Thermogun adalah alat ukur suhu atau termometer dengan metode non kontak, artinya bahwa pengukuran suhu dilakukan tanpa menyentuh objek yang diukur.

Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN), Ghufron Zaid menjelaskan bahwa ada 2 (dua) jenis thermogun yang beredar di masyarakat, yaitu thermogun klinik untuk mengukur suhu tubuh manusia dan thermogun industri.

“Pada dasarnya, kedua termometer non kontak ini memiliki prinsip yang sama, yaitu menangkap panas yang dipancarkan oleh obyek ukur,” ujarnya, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga  Tingkatkan Keamanan Pangan, Akreditasi dan Sertifikasi Miliki Kontribusi Penting di Masa Covid-19

Ghufron menerangkan, secara alami dan sesuai dengan hukum fisika, setiap benda – termasuk tubuh manusia – akan memancarkan panas. “Panas inilah yang kemudian ditangkap oleh sensor yang ada di dalam thermogun tersebut,” terang Ghufron.

Tidak heran, thermogun juga dikenal dengan nama Infrared thermometer, karena panas yang dideteksi oleh sensor tersebut berada pada panjang gelombang cahaya infra merah (infrared).

Baca Juga  Pencarian Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ-182 Akan Dilaksanakan 24 Jam

Adapun perbedaan antara thermogun klinik dan thermogun industri adalah rentang ukur dan jarak ukurnya. Thermogun klinik mempunyai rentang ukur 32 – 42 °C, dengan akurasi sampai dengan 0,2 °C Sedangkan thermogun industri mempunyai rentang ukur yang lebih besar, sampai dengan 500 °C atau lebih, dengan akurasi sampai dengan 1,5 °C.

(Visited 55 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed