oleh

BMKG: Angin Kencang Saat Ini Tanda Masa Pancaroba

5W1H, Bandar Lampung – Kondisi angin kencang yang belakangan terjadi saat ini di wilayah Bandar Lampung dan Lampung secara umum merupakan tanda-tanda memasuki masa pancaroba.

Hal tersebut diungkapkan Rudi Harianto, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung saat dihubungi, Rabu (6/11/2019).

“Ya memang sekarang ini memasuki masa pancaroba dengan tanda-tanda salah satunya angin. Kondisi angin yang lumayan kencang ini, mulai dari siang hingga sore hari,” terangnya.

Penyebabnya karena secara dinamika atmosfirnya ada perbedaan tekanan yang cukup signifikan, antara tekanan tinggi yang ada di sebelah barat daya Australia dan juga tekanan rendah yang di sekitar wilayah Thailand dan sekitarnya.

Baca Juga  Anna-Fritz Datangi Mapolres Metro

Karena perbedaan ini yang menimbulkan pergerakan angin cukup kencang dan angin itu melewati wilayah provinsi Lampung.

“Sehingga untuk masyarakat yang tinggal tidak jauh dari pantai atau pesisir pantai akan terasa anginnya lumayan kencang. Kondisi ini masih relatif aman,” tuturnya.

Rudi menjelaskan, kecepatan angin sendiri terpantau antara 15 sampai 20 knot atau kisaran antara maksimum 45 km per jam. Kondisi tersebut untuk wilayah daratan terbilang kategori aman karena relatif dan untuk kejadian durasinya tidak lama.

“Itu juga tidak sampai menimbulkan dampak besar. Paling juga kalau kita pantau sih, pohon-pohon yang sudah tua atau yang ranting-ranting bisa roboh sehingga waspada di situ saja,” jelasnya.

Baca Juga  Erick Thohir Bangga, Ketua Nasabah PNM Mekaar Bisa Dorong 24 Ibu Usahawan Baru Kembangkan Usaha

Saat ditanya apakah dapat berdampak bencana? Ia menerangkan jika dilihat dari wilayah daratan relatif aman karena dengan kecepatan angin segitu dimungkinkan tidak sampai menimbulkan kerusakan pada pemukiman warga.

“Tetapi tetap harus waspada seperti apabila di sekitar rumahnya ada pohon yang besar dan tua juga waspada, mungkin dilakukan penebangan atau pemangkasan untuk menghindari angin yang cukup kencang tadi,” kata dia.

Menurutnya, kondisi angin kencang seperti ini diperkirakan akan berlangsung sampai sepekan kedepan hingga pertengahan atau akhir November nanti.

Baca Juga  PT KAI Divre IV Gelar Rail Clinic di Stasiun Rejosari

“Akhir November itu memasuki awal musim penghujan di wilayah Bandar Lampung. Sementara kalau untuk Lampung Bagian Utara dan Barat sudah mulai ada hujan,” paparnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat dengan adanya fenomena angin yang cukup kencang ini untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Waspada dengan lingkungan sekitar rumahnya mungkin kalau ada pohon besar yang tua untuk melakukan penebangan atau pemangkasan.

“Dan pohon-pohon yang ada di kiri kanan jalan mungkin bagi pemerintah daerah supaya bisa melakukan pemangkasan,” pungkasnya. (AI/SA)

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed