oleh

BMKG Lampung: Awal Musim Kemarau Diprediksi Mulai Mei 2021

5W1HIndonesia.id, Bandar Lampung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprakirakan sebagian wilayah Provinsi Lampung akan mulai memasuki musim kemarau pada awal Mei 2021.

Hal tersebut diungkapkan Rudi Haryanto, Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung saat diwawancara belum lama ini.

“Iya, awal bulan Mei ini sudah ada sebagian (wilayah Lampung) yang sudah memasuki awal musim kemarau,” paparnya.

Menurutnya, Provinsi Lampung saat ini sedang memasuki masa pancaroba yaitu masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Baca Juga  Jelang Pilkada 2020, Wali Kota Herman HN Wanti-wanti Masyarakat Tolak Money Politic

“Tanda-tandanya biasanya terjadi hujan dengan intensitas lebat tapi durasinya pendek ataupun disertai angin kencang,” terangnya.

“Ya kalau panas ya panas sekali, tapi tahu-tahu hujan. Jadi pergantian cuaca yang biasa terjadi kondisi cuacanya signifikan,” sambungnya.

Ia menerangkan bahwa masa pancaroba ini berlangsung kurang lebih lamanya antara 20 hari-1 bulan. Yaitu, di bulan April hingga Mei ini dengan luasan berbeda-beda di wilayah Provinsi Lampung.

Baca Juga  BMKG Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

“Jadi untuk wilayah Lampung Bagian Selatan dimulai dari pertengahan April hingga Mei. Lalu, untuk wilayah Lampung Bagian Utara itu akhir April,” bebernya.

Lanjut Rudi menjelaskan sebenarnya secara umum di masa pancaroba itu hampir semua wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem karena perubahan kondisi cuaca yang signifikan tadi.

Baca Juga  Sambut HUT Pomal Ke-75, Personel Denpom II/3 Lampung Ikut Andil Donor Darah

Hujannya itu biasanya skala lokal dan tidak begitu luas sehingga tidak merata. “Jadi, misalnya dalam satu kecamatan bisa ada yang hujan ada yang gak,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa bencana hidrometeorologi di wilayah Provinsi Lampung masih berpotensi.

“Karena kan bencana ini disebabkan oleh adanya air atau hujan dan potensi hujan lebat masih ada di masa pancaroba ini,” pungkasnya. (SA)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed