oleh

Cara Melacak HP yang Hilang Tanpa Ribet!

5W1HIndonesia.id, Gadget – Kehilangan HP merupakan hal paling dihindari oleh seluruh penggunanya, karena saat ini HP/smartphone bukan hanya sekedar menyimpan sebuah nomor telepon dan gambar saja, tapi banyak data yang bisa tersimpan didalamnya.

Oleh karenanya, berbagai pabrikan HP/smartphone saat ini berlomba-lomba memberikan fitur security terbaiknya. Mulai dari Face Unlock hingga Finger print yang hanya bisa diakses oleh pemilik pribadi HP tersebut.

Jika kita berbicara musibah, nasib sial itu bisa datang kapan dan dimana saja. Meskipun HP kalian sudah tersemat security paling mutakhir saat ini. Tetap saja peluang untuk kehilangan HP kesayangan kita masih cukup besar jika kita gegabah alias teledor.

Berbicara soal kehilangan HP, sebenarnya HP dengan tipe telfon pintar yang sudah banyak beredar seperti saat ini masih memiliki peluang untuk ditemukan kembali oleh pemiliknya. Tentunya dengan sedikit usaha dan sabar ya. Berikut ini redaksi 5W1HIndonesia.id telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara menemukan hp yang hilang.

Lacak menggunakan akun Email

Syarat utama dari kepemilikan smartphone adalah akun Google Mail atau yang familiar disebut Gmail. Tujuan dari syarat tersebut bukanlah hal yang sepele, karena dengan akun gmail kita bisa mengamankan dan mengakses smarphone kita dari jauh.

Baca Juga  Cara Melacak Lokasi Seseorang Melalui Internet

Langkah pertama, pemilik harus menggunakan smartphone lainnya untuk login akun gmail di google chrome. Selanjutnya tekan ikon kotak untuk memperoleh info akun yang dimiliki pengguna

Langkah kedua, masuk ke kolom pencarian dan ketik “Find your Phone.” Tahap selanjutnya adalah memilih menu Find your Phone dan pilih HP yang hilang pada daftar perangkat terhubung dengan akun gmail

Selanjutnya isi password untuk verifikasi dan klik next. Pada Find your Phone, pilih opsi locate yang akan mengalihkan ke fitur Find My Device. Di fitur ini, akun Google di HP akan dikunci dan diamankan

Melacak Dengan Akun Pabrikan

Pabrikan smartphone saat ini sudah menyematkan sejumlah pengaman untuk melacak saat pengguna kehilangan perangkatnya.

Mi Account 

Bagi pengguna smartphone Xiaomi bisa memanfaatkan fitur pelacakan hp yang hilang dengan Mi Account. Caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs Mi Cloud (https://i.mi.com/) pada browser di komputer.
  • Selanjutnya sign in with Mi Account, masukkan data sesuai HP yang hilang, dan password
  • Tahap selanjutnya adalah pilih Opsi Find Device, hapus data jika HP telah ditemukan, dan masukkan HP dalam Lost Mode
Baca Juga  Hati-hati, Telat Ganti Oli Kendaraan Anda Dapat Berakibat Fatal

Samsung ID

Pabrikan asal korea ini pun tak mau ketinggalan soal fitur pelacakan perangkat yang hilang. Bagi anda pengguna Samsung bisa sangat mudah melacak perangkat anda jika nasib sial menimpa. Berikut ini caranya:

  • Kunjungi situs Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/), lalu sign ini menggunakan ID HP yang hilang
  • Setelah itu setujui semua legal information yang diberikan oleh Samsung dan klik Agree.

Dengan mengikuti langkah diatas, anda bisa mengetahui posisi terakhir perangkat, jumlah baterai dan mengetahui informasi jaringan yang terhubung. Bahkan anda bisa mengunci perangkat dan membunyikan alarm.

iCloud

iCloud biasa tersemat diseluruh perangkat milik apple yaitu Iphone. Cara melacaknya cukup mudah.

  • Kunjungi situs iCloud (https://www.icloud.com/), lalu sign in menggunakan Apple ID HP yang hilang.
  •  Skip Two-Factor Authentication, kemudian pilih opsi Find My iPhone
  • Setelah lokasi terungkap, HP bisa dikontrol dengan mengaktifkan Lost Mode, hapus data, atau bunyikan alarm.

Melacak HP Dalam Keadaan Nonaktif saat Hilang

Pada saat HP sudah dipastikan dalam keadaan nonaktif, anda bisa menggunakan fitur google maps. Berikut caranya:

  • Aplikasi Google Maps di HP pelacak dibuka terlebih dulu, selanjutnya ketuk ikon garis tiga di pojok kiri atas. Lalu, masukkan akun HP kamu yang hilang dengan opsi add account.
  • Tahap selanjutnya adalah tekan ikon hamburger sekali lagi dan kini pilih Your Timeline. Pelacakan akan dimulai
  • Kemudian tekan ikon kalender untuk mengetahui lokasi HP jika telah hilang dalam hitungan hari, terutama jika HP mati.
Baca Juga  3 Solusi Lupa Password HP Tanpa Ribet

Melacak HP dengan Google My Device

  • Google Find My Device/Android Device Manager juga bisa menjadi alternatif melacak HP yang hilang. Berikut caranya,
  • Pertama, pastikan aplikasi Google Find My Device telah terinstall di HP atau ponsel pelacak.
  • Kedua, login menggunakan akun Gmail Anda pada HP yang hilang) dengan sign in as guest agar bisa masuk ke HP yang hilang
  • Ketiga, layer perizinan akan muncul. Izinkan aplikasi mengakses lokasi perangkat dengan klik “Allow.” Selanjutnya segera datangi lokasi penemuan HP dengan memanfaatkan ikon berwarna hijau, yang terhubung pada Google Maps atau lakukan langkah preventif seperti mengunci HP atau ponsel.

(cr)

(Visited 116 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed