oleh

Cara Mengurangi Rasa Pahit Pare

5w1hindonesia.id, Masakan – Banyak orang tidak menyukai pare dikarenakan memiliki rasa pahityang cukup kuat, padahal didalamnya banyak sekali mengandung manfaat yang berguna bagi tubuh.

Melancarkan pencernaan, megatasi sembelit, menjaga berat badan, dan mengatasi jerawat, merupakan beberapa manfaat yang dapat didapat oleh tubuh kita ketika mengkonsumsi pare.

Tertarik mengonsumsi pare ?, berikut cara atau tips yang dirangkum oleh tim 5w1hindonesia untuk mengolah pare :

1. Pemilihan pare

Pilihlah pare dengan ukuran sedang, semakin besar ukuran pare maka semakin pahit rasanya, jadi disarankan memilih pare berukuran kecil atau sedang.

Pilihlah pare berukuran hijau tua, pare yang masih muda memiliki warna hijau tua dan jika semakin muda warnanya menunjukkan bahwa para makin tua dan biasanya memiliki rasa yang lebih getir

Baca Juga  Dampak Buruk Buang Air Besar Sembarangan Bisa Menyebabkan Kematian

2. Remas-remas dengan garam

setelah dibuang bagian dalamnya, iris tipis-tipis pare untuk kemudian ditaburi garam secukupnya dan remas hingga layusetelah itu bilas pare pada air mengalir.

3. Remas-remas dengan gulasama dengan metode penggunaan garam, namun kali ini garam diganti dengan gula untuk melarutkan rasa pahitnya dan jangan lupa untuk dibilas pada air mengalir

4. Rebus menggunakan daun jambu bijimerebus dengan daun jambu biji akan menambahkan warna cokelat pada pare, selain itu daun jambu biji dapat menyamarkan rasa pahit pare dan menatralisir getir pare.

caranya : rebus pare yang sudah dibuang isinya bersamaan dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit, seteleah seselai, tiriskan dengan air mengalir.

Baca Juga  Tahun Baru Imlek 2021, Ini 7 Faktanya

5. Rebus dengan tanah liatini adalah trik yang digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, dan bisa diterapkan pada pare

caranya : cari sedikit tanah liat rebus bersama pare yang sudah dibersihkan, selama 3 menit, setelah selesai bersihkan dan tiriskan dengan air mengalir.

6. Rebus dengan cuka, garam, dan gula

Pickle alias merebus pare seperti acar juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa pahit.Siapkan secangkir cuka putih, kemudian tuangi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih. Kemudian rebus selama 2 menit saja.Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir.

Baca Juga  Game PS1 Ini Bikin Kita Nostalgia

7. Kombinasikan dengan bahan makanan yang memiliki rasa cenderung asinPare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam.

8. Olah dengan telur kocokTumis pare yang dipadukan dengan telur orak-arik biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Telur memang bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok dipadukan dengan pare yang getir.Jika kalian tertarik mengkonsumsi atau ingin sekedar mencoba merasakan rasa dari pare, bisa menggunakan cara dan tips diatas. (RA)

(Visited 59 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed