oleh

Dinas Pariwisata Kelola DAK 2,3 Miliyar Untuk Kelola Sumur Putri

5W1HIndonesia.id, Bandar Lampung – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bandar Lampung mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun 2020 ini dari Pemerintah Pusat sebesar Rp2,3 miliyar, yang di tujukan untuk pengelolaan tempat wisata sumur putri yang berada di Jalan Saleh Raja Kusuma Yudha, Kecamatan Telukbetung Selatan.

Kepala Dispar Kota Bandar Lampung M. Yudhi menerangkan, bahwa memang sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) berencana untuk lakukan peremajaan pada tempat wisata sumur putrid sehingga dapat menjadi tempat wisata unggulan di kota berjuluk tapis berseri.

Rencana tersebut kemudian didukung oleh Pemerintah Pusat dengan mengalokasikan bantuan DAK kepada Pemkot Bandar Lampung melalui Dinas setempat. Dan di harapkan dengan dana tersebut berbagai sarana penunjang dapat dibangun di lokasi wisata, yang nantinya dari sektor pariwisata dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga  Dengar Keluhan Warga, Wali Kota Herman HN Lakukan Ini!

“Iya tahun ini kita dapat bantuan DAK dari pusat sebesar Rp2,3 miliyar yang nantinya akan dipergunakan untuk peningkatan wisata sumur putri dan agro park di Kemiling. Untuk pembagiannya saya kurang paham detailnya, tetapi yang pasti anggaran itu lebih banyak dipergunakan untuk di sumur putri,” ujar M. Yudhi, Selasa (20/1/2020).

Dari anggaran tersebut, dirinya menerangkan akan terdapat beberapa sarana penunjang yang nantinya akan di bangun di lokasi wisata yang saat ini tengah di angkat oleh Pemkot Bandar Lampung. Mulai dari ketersediaan kios, sarana ibadah, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Diskusi IJTI: Migrasi Analog ke Digital Janjikan Tayangan yang Lebih Berkualitas

“Dengan anggaran itu nantinya ya ada kios akan kita bangun disana, sarana penerangan, Water Closet (WC) untuk tempat ganti pakaian, dan tempat ibadah juga ada,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, untuk saat ini dengan anggaran yang ada tersebut. Dinas setempat masih membahas pada tahap perencanaan, dan hal itu masih terus dibahas bersama dengan pihak konsultan sehingga ketika pada tahap pelaksanaan semua dapat sesuai yang di harapkan.

Baca Juga  Wali Kota Akan Bangun Kolam Renang Air Panas di Sumur Putri

“Saat ini kan masih di bahas dengan konsultan perencanaannya DED nya masih dibuat oleh mereka (konsultan). Perkiraan kita di bulan maret mendatang sudah mulai mengerjakan tahap fisiknya, namun tetap semua tergantung dari perencanannya,” kata dia.

Terakhir pihaknya berharap bahwa nilai sejarah yang terdapat di sumur putri dapat terangkat. Memancing para wisatawan baik domestik maupun luar datang ke lokasi wisata yang ada di Kota Bandar Lampung itu, maka secara tidak langsung dengan adanya wisatawan akan berdampak pada peniingkatan PAD. (AI)

(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed