oleh

Festival Batik Tulis Lampung Dorong Pengrajin Batik Terus Berkreasi

5W1H, Bandar Lampung– Untuk mendorong pengrajin batik tulis khas Lampung agar terus berkreasi, Festival Batik Tulis Lampung digelar untuk menampilkan dan memperkenalkan hasil para pengrajin dengan berbagai motif khas Lampung.

Festival yang digelar di pelataran Dekranasda Provinsi Lampung sejak 30-31 Oktober untuk memperingati Hari Batik Nasional, diikuti oleh sedikitnya 13 kabupaten kota se-provinsi Lampung, serta turut dihadiri oleh Arinal Djunaidi yang di wakili oleh Sekda Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Forkopimda, serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Provinsi Lampung.

Baca Juga  Satu Mahasiswa ITERA Tewas di Kompleks Perumahan, Ini Pernyataan Pihak Kampus

Selain memamerkan batik tulis motif khas Lampung, rangkaian acara festival juga menampilkan Fashion Show batik tulis yang diperagakan oleh 30 orang model serta menampilkan 50 karya pilihan dan demo membatik untuk beberapa sekolah yang telah menerapkan batik di kegiatan sekolahnya.

Ketua pelaksana Festival Batik Lampung, Ashori Djausal menyampaikan, hal ini adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Provinsi Lampung untuk melestarikan dan membudayakan batik terkhusus batik Lampung agar menjadi bagian dari keseharian masyarakat Lampung baik tua maupun muda.

“Tujuannya sendiri adalah untuk mendorong minat masyarakat dalam membudayakan penggunaan dan memperkenalkan batik kepada generasi muda kita,” ungkap Ashori.

Baca Juga  Putus Penyebaran Covid-19, KAI Perpanjang Pembatalan KA Rajabasa dan KA Limex Sriwijaya

Lanjutnya, kegiatan seperti ini kedepannya akan diadakan setiap tahun, dengan tema yang berbeda untuk menjaga eksistensi batik khas Lampung, serta berharap batik tulis khas Lampung dapat bersaing dan berkembang di tingkat Nasional maupun Internasional sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung.

“Setiap tahun akan kita adakan. Supaya batik ini semakin membudaya dan pada kegiatan festival ini juga kita memberikan edukasi membatik,” jelasnya.

Sementara itu, Andri Saprianto salah satu pengrajin batik dari Deandra Batik Tulis yang berdomosili di kota Bandar Lampung menyampaikan, hal ini merupakan salah satu langkah tepat yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung, selain untuk meningkatkan perekonomian pengrajin, juga sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap batik Lampung.

Baca Juga  Pemkot Bandar Lampung Beri Suntikan Modal Untuk IKM

“Harapan saya sih kedepan bisa berdampak pada perekonomian masyarakat, karena kita kan mempunyai pengrajin yang didominasi dari kalangan ibu-ibu, secara tidak langsung kita menekan angka pengangguran,” ujarnya (CR/RN).

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed