oleh

Fungsi Kotoran Telinga dan Cara Mengeluarkannya

5w1hindonesia.id, Lifestyle – Kegiatan mengorek kuping adalah salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan pada saat kuping sudah merasa gatal ataupun membuat kita tidak nyaman.

Mengorek kuping itu sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, ada yang menggunakan jari, korek kuping (cotton bud) ataupun logam yang diperuntukan untuk mengorek kuping dengan tujuan mengeluaran kotoran didalamnya.

Baca Juga  Manfaat dan Bahayanya Kebiasaan Mengucek Mata

Namun, tahukah anda jika tanpa kita lakukan kegiatan mengorek kuping kotoran didalam kuping akan keluar dengan sendirinya?. Dr Elvie Zulka SpTHT menjelaskan, liang telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri (selfcleaning). Dengan adanya pergerakan rahang, kotoran dan sel kulit mati akan bergerak menuju dari liang telinga bagian dalam ke liang telinga luar, kemudian akan mengering dan keluar sendiri.

Baca Juga  GTA VI Belum Rilis. Ini Alasan Rockstar Games

Kotoran telinga atau serumen berasal dari campuran produksi kelenjar minyak dan keringat, epitel kulit yang terlepas, dan debu. Konsistensinya beragam, dari lunak sampai kering. Adapun fungsi dari kotoran telinga ialah untuk proteksi lubrikasi atau meli cinkan liang telinga, mengikat kotoran telinga, dan menyebarkan aroma yang tidak disukai serangga, antibakteria dan antijamur.

Baca Juga  3 Jenis Makanan yang Membuat Kualitas Sperma Menurun, Pria Wajib Tau!

Kesimpulannya, mengorek telinga diperbolehkan dengan catatan kondisi telinga dalam keadan kering, gunakan korek kuping atau cotton bud yang tidak terlalu besar serta tidak dianjurkan menggunakan  korek kuping berbahan logam atau yang ada kaitannya. (Cr)

(Visited 43 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed