oleh

Ingin Manfaatnya Optimal, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih

-Artikel, Health-218 views

5W1HIndonesia, Health – Kurang mengkonsumsi air putih akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Setiap harinya kita disarankan minum setidaknya 8 gelas air karena 80 persen tubuh terdiri dari air.

Pada dasarnya, keseimbangan cairan tubuh harus terjaga sepanjang hari. Karenanya, minum air putih harus dilakukan secara teratur jangan sampai tubuh kekurangan cairan pada waktu-waktu tertentu.

Dilansir dari halaman detikHealth, detik.com, Menurut para pakar, minum air putih dapat memberikan manfaat paling optimal ketika diminum pada waktu-waktu berikut:

1. Pagi hari

Baca Juga  8 Dampak Buruk Kecanduan Film Porno

Memulai hari dengan minum air putih merupakan hal yang tepat agar terhindar dari dehidrasi. Saat kamu tidur di malam hari, tubuh mengeluarkan banyak cairan seperti berkeringat dan buang air kecil sehingga saat bangun tidur mengalami dehidrasi ringan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan berdampak buruk pada memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan.

2. Sebelum makan

Minum segelas air putih sebelum makan merupakan strategi yang tepat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air 500 mL pada 30 menit sebelum sarapan, akan mengurangi asupan kalori sebesar 13 persen. Studi lain juga menemukan bahwa minum air 300-500 mL sebelum makan siang akan mengurangi nafsu makan sehingga mencegah kamu makan berlebihan.

Baca Juga  Hankook Tire Jadi Ban Resmi Kendaraan Komersial Hingga 2022

3. Sebelum dan sesudah berolahraga

Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang. Kehilangan cairan yang berlebihan selama latihan dapat merusak kinerja fisik dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Baca Juga  Cara Bersihkan Cache di Android Agar Tidak Lemot

4. Jangan berlebihan

Tubuh punya mekanisme untuk mengatur keseimbangan air. Jika tubuh kelebihan air, akan dikeluarkan melalui kulit, paru-paru, ginjal, dan sistem pencernaan.

Meskipun jarang terjadi, minum terlalu banyak air dapat mengganggu kadar natrium dan keseimbangan cairan tubuh yang menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kebingungan, kelelahan, kejang, dan koma.

Cobalah untuk mengatur waktu minum air putih secara teratur agar tidak kelebihan dan kekurangan yang memberikan dampak buruk pada tubuh. (SA)

(Visited 33 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed