oleh

Jamin Keamanan, Satgas Pangan Bandar Lampung Sidak ke Chandra Tanjungkarang

5W1HIndonesia.id, Bandar Lampung – Tim Satgas Pangan Kota Bandar Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Chandra Tanjungkarang, Bandar Lampung, Rabu (23/12/2020).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjamin keamanan dan ketahanan pangan masyarakat, menjelang hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Tim satgas pangan terdiri dari Dinas Katahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, serta Balai Besar POM (BPPOM) di Bandarlampung dan Satpol PP kota setempat.

Baca Juga  Tutup Turnamen Volly, Anna-Fritz Disaksikan Ribuan Warga di Karangrejo

Temuan dalam sidak tersebut diantaranya rusaknya kemasan pada produk makanan, kemudian Izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang habis masa izin edarnya.

“Kami juga menemukan produk tidak dilengkapi dengan mebel pangan yang benar. Penomoran P-IRT tidak sesuai dengan jenis pangan,” terang Kadek Sumartha, Ketua Tim Satgas Pangan Kota Bandar Lampung.

Untuk produk telur, Ia meminta kepada pihak pengelola Chandara Tanjungkarang agar telur yang siap untuk dijual sudah bersih dari kotorannya.

“Karena ini masih banyak kotorannya. Takutnya dia masih terkontaminasi bakteri, bahayanya bisa ke produk yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga  Hari Ini, MUI Lampung Mulai Bagikan 5.000 Paket Sembako Untuk Guru Ngaji

Menurutnya, pihaknya telah mengecek di gudang penyimpan makanan dan ditemukan ada tetesan air dari pipa.

“Di gudang kita lihat cukup baik, tapi hanya ada tetesan air dari pipa tolong diperbaiki jangan sampai nanti mempengaruhi produk yang ada di gudang,” tegasnya.

Lalu, ada juga lubang yang nanti memungkinkan adanya binatang yang mampu merusak kemasan makanan.

Baca Juga  Anna Morinda Hibur Pengunjung di Kopi dari Hati & Toats

“Apa yang menjadi temuan ini akan kita tindak lanjuti lagi. Nanti sekitar 10 hari kedepan kita akan kembali lagi ke sini, apakah sudah diperbaiki lagi atau belum,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, setelah melaksanakan sidak di Chandra Tanjungkarang, Tim Satgas Pangan Bandar Lampung juga melakukan sidak ke Indogrosir dan Transmart Lampung. (SA)

(Visited 28 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed