oleh

Kota Bandarlampung Ikuti Gelaran Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru

5W1HIndonesia.id, Bandarlampung – Kota Bandarlampung turut serta dalam gelaran Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

Dalam ajang tersebut, Kota Bandarlampung sudah mengirimkan sebanyak tujuh video untuk dapat bersaing dalam kompetisi tersebut.

Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19, yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah sampai pada tahap penilaian.

Ketua Tim Penilai, Tumpak H Simanjuntak yang juga Irjen Kemendagri menyampaikan, penilaian lomba mulai dilakukan sejak tanggal 18 Juni 2020 bertempat di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP Kemendagri), Kamis (18/6).

Baca Juga  Denpom II/3 Lampung Berikan APD ke Puskesmas dan Rumah Sakit

Tim penilai terdiri dari pejabat terkait dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta Gugus Tugas Covid-19.

Tim penilai akan menentukan juara 1 sampai 3 pada masing-masing sektor yang terbagi dalam empat klaster, yakni klaster provinsi, kabupaten, kota, dan daerah tertinggal.

Ada tujuh sektor yang dilombakan, di antaranya pasar tradisional, pasar modern/mal atau minimarket dan supermarket, hotel, restoran, tempat pariwisata, transportasi umum, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dengan jumlah itu, total pemenang lomba sebanyak 84.

Baca Juga  Empat Rumah Hanyut Diterjang Ombak, Wali Kota Eva Tinjau Lokasi dan Beri Bantuan

Plt. Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa pengumuman dan penganugerahan pemenang lomba inovasi daerah dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juni 2020 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri.

Gubernur, Bupati/Walikota pemenang pertama pada masing-masing sektor diundang pada acara tersebut. Kegiatan ini dapat diikuti secara virtual melalui zoom meeting dan youtube Kemendagri.

Baca Juga  Masuk Zona Merah Lagi, Wali Kota Herman HN Ingatkan Masyarakat Lebih Perhatian

Selain mendapat piagam penghargaan, setiap pemenang juga mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dengan jumlah total 164 Milyar rupiah pada 7 sektor, yaitu pasar tradisonal, pasar modern, hotel, rumah makan, PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tempat wisata, transportasi umum.

Pemenang pertama mendapatkan 3 Milyar, pemenang kedua 2 Milyar dan pemenang ketiga mendapatkan 1 M pada setiap sektor dan masing-masing klaster.

Penganugerahan lomba inovasi daerah direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, membuka acara sekaligus memberi pengarahan kepada pemerintah daerah. (Rls/SA)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed