oleh

Laboratorium SNSU Diakui Secara Internasional

-Nasional-108 views

5W1HIndonesia.id, Jakarta – Kalibrasi diperlukan untuk menghasilkan pengukuran yang terjamin kebenarannya. Terkadang, hasil pengukuran yang dilakukan oleh beberapa alat sejenis belum tentu menunjukkan hasil yang sama, meskipun alat tersebut memiliki kesamaan tipe.

Hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berdampak langsung terhadap kualitas produk dan daya saing global.

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN), Hastori di Serpong mengatakan berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, pengukuran dalam kegiatan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian harus tertelusur ke sistem satuan internasional SI.

Baca Juga  Partai Gelora Lampung Tuan Rumah Pertama Road Show DPN Partai Gelora Indonesia

Ketertelusuran ke SI ini dilakukan melalui pengelolaan standar nasional satuan ukuran, pengembangan bahan acuan, dan kalibrasi.

“Dibangunnya laboratorium SNSU sangat penting artinya bagi perkembangan SNSU Indonesia. SNSU menjadi standar dengan ketelitian tertinggi di suatu negara yang menjadi acuan ketertelusuran ke SI bagi hasil pengukuran yang dilakukan di negara tersebut. Fungsi tersebut menempatkan SNSU pada posisi sentral dalam sistem metrologi nasional,” terang Hastori pada Selasa (01/12/2020).

Baca Juga  Melalui SPK, BSN Dukung Program Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Manfaat bagi Indonesia dengan dibangunnya lab SNSU di antaranya adalah mewujudkan kemandirian bangsa dalam pemenuhan kebutuhan kalibrasi peralatan ukur yang terus meningkat, meningkatkan pengakuan internasional atas kemampuan pengukuran dan kalibrasi nasional, dan meningkatkan mutu dan keberterimaan produk nasional di pasar global.

Adanya Laboratorium SNSU BSN juga akan meningkatkan kualitas ketertelusuran hasil pengukuran khususnya di bidang kimia dan biologi serta sektor kesehatan, yang selama ini masih banyak tergantung kepada negara lain.

Baca Juga  Terbit Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020, Ini Pesan Ketua Umum MUI Lampung Tentang Salat Jumat

Hal ini sekaligus memperkuat standardardisasi, riset, dan inovasi di bidang pangan, lingkungan dan kesehatan.

Ditambahkan, Laboratorium SNSU BSN memiliki peran strategis sebagai acuan nasional dalam kegiatan kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium-laboratorium kalibrasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini berjumlah lebih dari 320 laboratorium kalibrasi terakreditasi.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed