oleh

Manfaat dan Bahayanya Kebiasaan Mengucek Mata

5w1hindonesia.id, Lifstyle – Mengucek mata merupakan reflek yang dilakukan manusia pada saat-saat tertentu. Misalnya, saat mengantuk, mata terasa gatal, mata merasa perih dan berbagai rangsangan pada mata lainnya.

Melansir Hellosehat.com, mengucek mata bisa memberikan rasa rileks, karena ketika saraf yang ada pada mata ditekan, hal tersebut membuat detak jantung menjadi lambat.

Selain itu, mengucek mata merangsang air mata untuk melumasi mata yang kering. Karena itu, rasa gatalmu bisa berkurang karena debu dan zat-zat yang mengiritasi mata bisa disingkirkan. Selain itu, air mata juga bisa mengurangi stres yang kamu alami.

Namun rupanya, ada resiko berbahaya dibalik efek positif yang pada saat kita mengucek mata.

Baca Juga  Diidap Chadwick Boseman Sebelum Meninggal, Kenali Gejala Kanker Usus

Tangan Menjadi Alat Penyebaran Bakteri Pada Mata

Tidak ada yang bisa menjamin tangan kita terbebas dari bakteri dan parasit. Mengucek mata dengan tangan secara langsung bisa menjadi prantara bagi bakteri untuk menginfeksi mata.

Mata kita memiliki membran berlendir yang berfungsi menjaga kelembapan mata. Namun, tempat seperti itu juga disukai oleh bakteri dan parasit untuk singgah. Usahakan untuk selalu melakukan cuci tangan dengan sabun jika hendak mengucek mata atau menggunakan obat tetes mata jika memang diperlukan.

Kelopak Mata membengkak/Bintitan

Infeksi yang parah bisa membuat kamu bintitan. Bintitan terjadi saat tangan yang kotor menginfeksi kelopak mata hingga merah dan membesar.

Baca Juga  Terangi Negeri, PLN Jawab Kebutuhan Warga di Pulau-pulau Terpencil Indonesia

Jika hal ini terjadi, usahakan untuk tidak mengucek atau menggaruk mata secara langsung. Karena, hal tersebut akan semakin memperparah kondisi mata kita.

Mata Panda

Kantung mata menghitam atau yang populer disebut dengan mata panda biasanya muncul akibat kelelahan atau kurang istirahat.

Namun, mata panda bisa muncul karena kebiasaan mengucek mata. Semakin keras dan semakin sering kamu mengucek, semakin parah juga kantung hitam di matamu.

Penyakit Glaukoma

Mengucek mata juga berpotensi untuk merusak saraf mata. Hal itu bisa makin parah apabila gak ditangani dengan baik. Kerusakan mata bisa terjadi saat adanya peningkatan tekanan pada mata karena terlalu keras dan sering mengucek mata.

Baca Juga  Cara Melacak Lokasi Seseorang Melalui Internet

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata. Adapun, glaukoma yang parah bisa mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatannya, bahkan buta.

Kornea Berubah Bentuk

Normalnya, kornea mata manusia berbentuk kubah dan kadang berubah bentuk menjadi bola. Namun, kebiasaan mengucek bisa mengakibatkan seseorang mengalami perubahan bentuk kornea mata atau keratoconus.

Penderita keratoconus akan mengalami kerusakan sel-sel kornea sehingga gak bisa menahan bentuknya dan menjadi kerucut karena kornea menonjol ke luar. Para penderitanya mau gak mau harus menggunakan lensa atau kacamata untuk bisa melihat dengan jelas. (Cr)

(Visited 65 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed