oleh

Manfaat Daun Kelor, Dari Mistis Hingga Mengobati Kanker

5W1HIndonesia.id, Health – Jika kita mendengar soal daun kelor, tentu saja yang ada di benak kita adalah daun yang sering dikait-kaitkan dengan ritual mistis.

Tidak salah memang, namun disamping hal tersebut daun kelor memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Daun kelor yang juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya.

Berikut ini redaksi 5W1H Indonesia telah merangkum sejumlah manfaat daun kelor bagi kesehatan berdasarkan hasil penelitian para ahli yang di rangkum dari berbagai sumber.

Kaya Akan Nutrisi

Baca Juga  Tips Jitu Mendekati Seseorang Dengan Segala Keterbatasan!

Sedikitnya ada 7 kandungan nutrisi dalam setiap 20 gram sajian daun kelor, yakni :

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
  •  Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  •  Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  •  Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  •  Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  •  Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

Mengandung Antioksidan Tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi mampu memberikan dampak positif bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Untuk diketahui, tingginya radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita bisa meningkatkan resiko penyakit, seperti diabetes melitus hingga jantung.

Meredakan Peradangan

Adanya kandungan isotiosianat dalam daun kelor, membuat daun yang biasa di tumbuh liar ini menjadi salah satu obat alternatif dalam meredakan radang.

Baca Juga  Game PS1 Ini Bikin Kita Nostalgia

Menurunkan Kolesterol

Daun kelor juga bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats. 

Membantu Proses Penyembuhan Kanker

Fakta lain dari daun kelor adalah manfaatnya saat proses penyembuhan dari kanker. Kemampuannya dalam memperlambat sel kanker sering digunakan untuk kemoterapi supaya lebih efektif. 

Mengurangi Resiko Pikun

Dengan kandungan sejumlah nutrisi dan zat Antioksidan, daun kelor dipercaya bisa meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat. 

Baca Juga  Cara Memperbesar Penis Secara Alami Tanpa Obat Kimia

 Baik untuk jantung 

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh. 

 Mencegah anemia 

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini. 

Meskipun daun kelor mengandung sejumlah nutrisi dan zat antioksidan yang baik bagi tubuh, namun dalam pemanfaatannya tentu harus didampingi atau berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi atau yang lebih pakar dalam pengobatan alternatif.

(CR)

 

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed