oleh

Olahraga Pagi atau Malam Hari, Ini Manfaatnya

-Artikel, Health-62 views

5W1HIndonesia.id, Health – Olahraga rutin dengan waktu dan cara yang tepat dapat menyehatkan tubuh. Biasanya, orang melakukan olahraga untuk membakar kalori guna menurunkan berat badan, maupun untuk membuang racun-racun dalam tubuh setelah beraktivitas seharian.

Rutinitas pagi yang diawali dengan berolahraga membuat tubuh lebih berenergi dan produktif di siang hari. Namun, jika rutinitas olahraga di pagi hari bukan menjadi prioritas utama, waktu sore dapat menjadi pilihan terbaik khususnya olahraga dengan intensitas yang tinggi.

Dilansir dari halaman detikHealth, detik.com yang dikutip dari Insider, berikut pilihan waktu untuk berolahraga dan manfaat olahraga di pagi, sore, maupun malam hari.

1. Olahraga di pagi hari

Berolahraga di pagi hari dapat membantu tidur lebih nyaman dan nyenyak. Olahraga memiliki hubungan yang kuat dengan ritme sirkadian, yaitu proses internal yang mengatur kapan waktu untuk makan, tidur, hingga bangun tidur. Aktivitas fisik menjaga ritme sirkadian tetap pada jalurnya. Ritme sirkadian dapat memengaruhi kinerja fisik yang dilakukan. Berkeringat di pagi hari dapat melepaskan melatonin yang dapat menjaga siklus bangun-tidur.

Sebuah studi yang ditebitkan pada 2014 di Vascular Health Risk Management menemukan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari tidur lebih nyenyak, dibandingkan dengan berolahrga di sore atau malam hari. Olahraga di pagi hari juga dapat membuat hari lebih tenang karena pembakaran adrenaline dan meningkatkan hormon endorfin. Selain itu, berolahraga di pagi hari bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan dapat menurutkan berat badan.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed