oleh

Peringati Hari Kemerdekaan RI ke 75, Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Khusus

5W1Hindonesia.id, Nasional – Bank Indonesia berencana akan mengeluarkan uang rupiah khusus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.

Uang rupiah khusus itu secara resmi akan mulai di edarkan pada, Senin (17/8) yang diresmikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Uang rupiah khusus yang memiliki kemasan menarik ini merupakan alat pembayaran yang sah, namun memiliki nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Baca Juga  Peringati HPSN, PLN Peduli Sumbang Laboratorium Pengelolaan Sampah

Di dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia dijelaskan, uang rupiah khusus merupakan ang yang dikeluarkan oleh BI dalam rangka memperingari peristiwa atau tujuan tertentu.

Uang rupiah edisi khsus merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia.

“Setiap edisi dikeluarkan denngan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata,” jelas BI.

Baca Juga  4 Tips Mudah Push Rank di Magic Chess Mobile Legends Bang Bang

Terkait desain, Bank Indonesia belum merilis secara resmi seperti apa penampakan dari uang rupiah khusus edisi 75 tahun kemerdekaan RI.

Sebelumnya, Bank Indonesia pernah mengeluarkan beberapa seri uang rupiah khusus.

Pada peringatan HUT RI yang ke-25, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih.

Pada seri yang sama, BI mengeluarkan uang rupiah khusus dengan gambar muka lambang negara burung garuda serta gambar belakang arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang, Malang.

Adapun pada seri 50 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI juga pernah merilis uang rupiah logam khusus dengan gambar belakang Presiden Soeharto.

Baca Juga  Presiden RI Sahkan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan

Pada uang tersebut, terdapat 50 bintang yang melingkari gambar utama serta teks melingkar bertuliskan ‘LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA’.

Sumber: Kompas.com

(Visited 39 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed