oleh

Tak Hanya Lintas Pulau, Ternyata Bus Damri Ada Trayek ke Luar Negeri

5W1HIndonesia.id, Otomotif – Bus merupakan salah satu moda transportasi yang masih digemari oleh penduduk Indonesia. Selain tarifnya yang lebih terjangkau, bus juga kendaraan umum yang nyaman.

Ada dua jenis trayek bus di Indonesia, yaitu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Tetapi ada salah satu bus yang mampu melayani trayek hingga ke luar negeri.

Ya, bus itu adalah Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau yang biasa disingkat DAMRI. Bus yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini cukup melegenda dan sudah sangat dikenal luas.

Baca Juga  Siap-siap! Dua Film Terakhir Rurouni Kenshin Bakal Tayang di 2020

Sama halnya seperti AKAP dan AKDP, trayek untuk ke luar negeri juga memiliki singkatam yakni Antar Lintas Batas Negara (ALBN). Saat ini ada dua trayek yang beroperasi yaitu Pontianak tujuan Kuching (Malaysia) dan Pontianak tujuan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam).

Ahmad Bukhari selaku Asisten Manager Pemasaran dan Pengembangan Usaha Perum DAMRI Cabang Pontianak, mengungkapkan tercetusnya layanan trayek ke luar negeri ini berdasarkan hasil pertemuan kerja sama Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia atau Sosek Malindo pada 1990 silam.

“Disepakati kuota kendaraan yang dimiliki masing-masing PO Indonesia 2 dan Malaysia 2, salah satunya Damri yang menjadi pionir Pontianak-Kuching sejak 1992 pengurusan izin trayek dan resmi operasi 1993,” ungkapnya dilansir dari Kumparan.

Baca Juga  Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Trayek luar negeri ini hanya dapat dilintasi melalui Pulau Kalimantan. Jarak yang ditempuh untuk ke diperkirakan sekitar 347 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 9 jam. Untuk jadwal keberangkatannya sendiri setiap pukul 07.00 WIB dari terminal Sei Ambawang, Kalimantan Barat.

Bus besar jenis Executive dan Royal Class digunakan DAMRI sebagai layanan trayek ALBN yang mana tarif keduanya yakni Rp Rp 230 ribu dan Rp 260 ribu.

Baca Juga  Tips dan Trik Menjadi Pro Player Magic Chess Mobile Legend

Kebanyakan penumpang Damri lintas negara tersebut selain pelancong dan pekerja, juga Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan opsi kunjungan ke Kuching, Malaysia untuk berobat.

Namun sayangnya pada 18 Maret 2020 trayek ALBN DAMRI dihentikan sementara lantaran pandemi COVID-19. Padahal DAMRI telah menyediakan bus Damri jenis Limousine Class dengan kapasitas 23 kursi captain seat, berkonfigurasi 2-1, ditambah layanan pramugara.

Hingga saat ini DAMRI belum dapat memastikan kapan trayek ALBN ini kembali aktif seperti sebelumnya.(FO/SA)

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed