oleh

Terangi Negeri, PLN Jawab Kebutuhan Warga di Pulau-pulau Terpencil Indonesia

5W1HIndonesia.id, Artikel – Listrik saat ini sudah menjadi hal pokok bagi setiap masyarakat di Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, berbagai kebutuhan tersebut tidak terlepas dari pada energi listrik mulai dari penerangan, penghasil gerak, dan juga pada perangkat gadget di era modern saat ini.

Namun belum semua masyarakat di Indonesia merasakan hal serupa lantaran berbagai keterbatasan.

Salah satunya jangkauan wilayah yang luas meliputi pulau-pulau terpencil yang menjadi kendala dalam pengaliran listrik guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga  PLN Perpanjang Paket Tambah Daya Super Hemat Bagi Pelanggan Rumah Tangga dan UMKM

Akibatnya, masyarakat di pulau-pulau terpencil mengalami kesulitan dalam berbagai hal mulai persoalan penerangan, komunikasi dan lainnya.

PT PLN (Persero) sebagai pihak perusahaan pemasok listrik di Indonesia menjawab keresahan warga di pulau-pulau terpencil di Indonesia yang sampai saat ini belum teraliri listrik.

Dengan memaksimalkan upaya percepatan program peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) nasional, listrik kini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terpencil (3T), termasuk wilayah pulau kecil.

Masyarakat pulau-pulau kecil yang didominasi para nelayan kini sudah membeli kulkas, sehingga hasil tangkapan ikan sementara bisa disimpan.

Baca Juga  PLN Keluarkan Skema Untuk Hindarkan Pelanggan Mengalami Lonjakan Tagihan

Berbeda, dengan dahulu setiap habis melaut hasil tangkapan harus langsung dijual ke pasar atau tengkulak.

Tak peduli walaupun harganya murah, mereka terpaksa menjualnya, karena kalau tidak ikan hasil tangkapan akan busuk.

Tentunya, ini bermanfaat dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat nelayan di pulau-pulau kecil tersebut.

Kemudian, keberadaan listrik juga menopang tower telekomunikasi yang dibangun di beberapa pulau sehingga penduduk di sekitar tower bisa merasakan manfaatnya berupa kemudahan berkomunikasi dengan warga di luar pulau melalui sambungan telepon.

Baca Juga  Jelang Nataru, PLN Siagakan 40 Ribu Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Dengan berbagai kemudahan itu, PT PLN diharapkan dapat segera menuntaskan upaya percepatan program peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) hingga 100 persen di wilayah Indonesia.

Agar masyarakat khususnya di pulau-pulau terpencil yang saat ini belum menikmati energi listrik juga dapat sepadan dengan warga di perkotaan yang lebih dulu merasakannya.

Tentunya, hal ini sejalan dengan semangat dan komitmen PLN untuk menghadirkan energi bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (SA)

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed