oleh

Terbit Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020, Ini Pesan Ketua Umum MUI Lampung Tentang Salat Jumat

5W1HIndonesia.id, Bandarlampung –
Mencermati kondisi aktual saat ini terkait penyebaran COVID-19 (Corona Virus Disease), Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung dengan ini menyampaikan maklumat tentang penyelenggaraan salat Jumat.

Pertama yaitu kabupaten/kota atau daerah dalam wilayahnya seperti kelurahan, pekon, desa, kampung atau lingkungan yang masih dinyatakan aman/bukan zona merah dari penyebaran virus Corona oleh pemerintah setempat, maka tetap menyelenggarakan salat Jumat disertai upaya-upaya pencegahan sesuai ketentuan atau protokol yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga  Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Akan Dirikan Posko Pemeriksaan di Wilayah Perbatasan

Ketentuan tersebut didasarkan pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

“Kedua, kabupaten/kota atau daerah dalam wilayahnya seperti kelurahan, pekon, desa, kampung atau lingkungan yang telah dinyatakan masuk zona merah penyebaran virus Corona oleh pemerintah setempat sehingga terjadi kekhawatiran masyarakat akan penyebaran Virus
tersebut, maka tidak boleh menyelenggarakan salat Jumat sampai dinyatakan aman,” jelas Dr. KH. Khairuddin Tahmid, MH, Ketua Umum MUI Provinsi Lampung, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga  KPPU Ingatkan Ancaman Denda Rp 25 M Bagi yang Berani Mainkan Harga Masker!

Ia menerangkan bahwa dalam maklumat tersebut disampaikan juga tentang ketentuan menghadiri salat Jumat (Hudlur al-Jumu’ah) yaitu orang sehat atau Orang Tanpa Gejala (OTG) wajib menghadiri salat Jumat.

Baca Juga  Jika Tidak Ada Penambahan Kasus Corona Bulan September, KBM Tatap Muka Bisa Mulai Awal Bulan Ini
(Visited 140 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed