oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PLN Hadir Melayani Hingga Pelosok Negeri

-Artikel-120 views

5W1HIndonesia.id, Artikel – Banyak masyarakat di Indonesia saat ini yang masih belum menikmati listrik khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terpencil (3T).

Sebut saja beberapa daerah seperti daerah Indonesia Timur masih ada yang sampai 3 hari gelap gulita tak menikmati listrik.

Tentunya, ini masih menjadi persoalan yang harus segera ditangani oleh PT PLN (Persero) sebagai perusahaan pemasok listrik di Indonesia.

Hal itu sejalan dengan upaya percepatan program peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) nasional yang sisa target pencapaiannya saat ini adalah daerah 3T, termasuk wilayah pulau kecil.

Baca Juga  Tips dan Trik Menjadi Pro Player Magic Chess Mobile Legend

Yang perlu diperhatikan saat ini adalah masih adanya dua wilayah Indonesia yang capaian rasio elektrifikasinya masih di bawah rata-rata nasional yakni, Provinsi Nusa Tenggara Timur (85%) dan Papua (94%).

Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan agar target rasio elektrifikasi hingga ke pelosok negeri ini tercapai?

Untuk itu, pemanfaatan energi baru terbarukan seperti hadirnya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang berbahan bakar batu bara akan melengkapi rasio kelistrikan di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

Baca Juga  Invoice Penagihan Listrik Diberikan Setiap Bulan, Bagaimana Caranya?

Atau melalui program listrik desa untuk membangun jaringan ke daerah-daerah terpencil tersebut dan memanfaatkan potensi energi lokal untuk dijadikan sumber listrik.

Lalu, PLN juga dapat bekerja sama dengan pihak swasta guna membantu memberikan pasokan listrik ke wilayah-wilayah terpencil.

Jika itu benar-benar tercapai dipastikan dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Indonesia khususnya di daerah-daerah pelosok mulai peningkatan perekonomian seperti industri rumah tangga dalam skala kecil bergerak.

Baca Juga  Dukung Pemerintah Pulihkan Ekonomi, PLN Siap Jalankan Stimulus Covid-19 Bagi Pelanggan Sosial, Bisnis, dan Industri

Kemudian, di bidang pendidikan kegiatan belajar anak-anak di malam hari jadi meningkat karena listrik beroperasi optimal hingga 24 jam.

Harapannya, bila hal tersebut terpenuhi tentunya dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Indonesia terutama di wilayah-wilayah pelosok negeri ini. (SA)

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed