oleh

Tuntaskan Elektrifikasi Daerah Terisolasi, PLN Terangi Negeri

5W1HIndonesia.id, Artikel – Mendengar kata isolasi, dipahami bahwa sebagai pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia lain.

Ternyata di Indonesia ini juga masih dirasakan masyarakatnya terutama di wilayah terpencil dalam hal layanan kelistrikan.

Masih banyak daerah-daerah terpencil atau terisolasi yang belum merasakan arti kemerdekaan karena hidup mereka belum merdeka dari listrik.

Kondisi ini dirasakan di berbagai daerah-daerah terpencil di Indonesia seperti salah satunya wilayah pelosok Sumatera Utara yaitu di desa wilayah Deliserdang.

Baca Juga  PLN Perpanjang Paket Tambah Daya Super Hemat Bagi Pelanggan Rumah Tangga dan UMKM

Bahkan, masyarakat di sana hingga kini masih menggunakan lampu templok untuk penerangan di waktu malam hari.

Hal ini tentunya menggugah dari pada PT PLN (Persero) untuk segera merampungkan percepatan program peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) nasional terutama pada daerah Tertinggal, Terdepan dan Terpencil (3T), termasuk wilayah pulau kecil.

Dilansir dari antaranews.com, Berdasarkan laporan Dirjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, yang disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI disebutkan sedikitnya ada 433 desa yang masih belum teraliri listrik.

Baca Juga  6 Daerah Ini Wajibkan Rapid Test Antigen Untuk Syarat Perjalanan

Sementara jumlah rumah tangga yang sudah teraliri listrik sebesar 74,5 juta rumah tangga atau sebanyak 97 persen dari total rumah tangga secara nasional yaitu 77 juta rumah tangga.

Sementara itu data BPS tahun 2020 menyebutkan ada sebanyak 98,9 persen rumah tangga secara nasional menggunakan listrik, baik dari PLN maupun non-PLN.

Sedangkan di Papua rasio penggunaan listrik di tingkat rumah tangga ini adalah yang terendah, yakni hanya sebesar 73,8 persen.

Lalu, bagaimana solusinya?

Baca Juga  Synergy Paling Over Power di Magic Chess Patch Terbaru

Tentunya, perhatian Pemerintah baik pusat ataupun daerah dan juga PT PLN (Persero) sebagai pemasok listrik di Indonesia agar disegerakan dalam menangani persoalan tersebut.

Langkahnya dengan menyusun berbagai kebijakan strategis dalam rangka menyukseskan program elektrifikasi di wilayah atau daerah yang masih terisolasi tersebut.

Tujuannya agar pemerataan listrik yang merupakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia benar-benar terpenuhi dirasakan sampai pada masyarakat yang masih tinggal di wilayah atau daerah terpencil dan terisolasi. (SA)

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed