oleh

Vaksin Covid-19, Jokowi: Tidak Diperuntukan Untuk Anak-anak

5W1HIndonesia.id, Nasional – Presiden Jokowidodo mengatakan, vaksinasi covid-19 akan mulai dilaksanakan pada awal 2021 mendatang secara bertahap dan dipastikan vaksin tersebut gratis tanpa biaya sepeserpun.

“Tapi ini memang perlu tahapan-tahapan, nanti Januari berapa juta (vaksin), Februari berapa juta, Maret berapa juta, April berapa juta,” kata Jokowi saat acara pemberian bantuan modal kerja di Istana Jakarta, dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Sedikitnya, ada 182 juta jiwa yang harus di vaksin atau sekitar 70 persen dari jumlah total penduduk Indonesia.

Baca Juga  Tim Gabungan Gelar Razia dan Penutupan Sementara Tempat Hiburan dan Kafe

Jokowi mengatakan, hal tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, masih harus menunggu sampai situasi kembali normal.

“Bayangkan nyuntik vaksin 182 juta orang, sehari bisa dapat berapa, butuh berapa bulan. Sehingga kita tetap masih menunggu waktu untuk kembali pada kondisi normal lagi,” ujarnya.

Oleh karenanya, vaksin dalam waktu dekat hanya akan di prioritaskan kepada penduduk dengan usia dewasa dan belum diperuntukan bagi penduduk usia anak-anak karena memang belum uji klinis.

Baca Juga  Bangun Daerah Pesisir, Walkot Bandar Lampung Ajak Akademisi dan Pakar Unila

Lanjut Jokowi menjelaskan, Jika suatu daerah sudah mencapai 70 persen warganya tervaksinasi, maka 30 persen sisanya tidak masalah jika tidak di vaksin.

Dalam kondisi tersebut, dapat dipastikan bahwa lingkungan itu sudah bebas dari virus. “Sudah divaksin 70 persen, yang 30 persen tidak divaksin sudah aman karena itu kita ingin mengacu pada yang namanya herd immunity,” kata Jokowi.

Meski rencana ini sudah ada di depan mata, namun ia menegaskan agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan 3M.

Baca Juga  Vaksinasi Nakes Lansia di Bandar Lampung, Ini Penjelasan Kadiskes Edwin Rusli

Sebelumnya, Jokowi mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan vaksin Covid-19.

Keputusan ini diambil setelah para pemangku kepentingan menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengkalkulasi ulang keuangan

Atas keputusan ini, Jokowi menginstruksikan jajarannya di seluruh kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis.

Editor: (CR)
Sumber: Berbagai Sumber

(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed