oleh

Waspadai Banyak Penyakit di Musim Hujan, Ini 8 Cara Mencegahnya

-Artikel, Health-30 views

5W1HIndonesia.id, Health – Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tipes menjadi dua penyakit yang harus diwaspadai pada musim hujan. Mengingat keduanya menjadi penyakit yang sering sekali muncul saat musim hujan.

Dilansir dari detikHealth, detik.com, Namun selain DBD dan tipes, masih ada banyak penyakit lain yang wajib diwaspadai, khususnya di tengah pandemi saat ini. Untuk mencegah berbagai penyakit di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti yang dilansir dari ndtv berikut ini.

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan yang baik dapat membantu mencegah infeksi virus selama musim hujan. Oleh karena itu, mulailah meningkatkan kebersihan diri saat musim hujan, baik itu sebelum dan sesudah beraktivitas. Pastikan selalu untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersin, batuk, menggunakan kamar kecil, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, khususnya di dalam rumah. Mengingat virus dan bakteri bisa muncul di mana saja.

Baca Juga  Dinas PU Bandar Lampung Anggarkan Rp 15 Miliar untuk Perbaikan Drainase

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi bisa menentukan seberapa rentan tubuh terkena virus dan infeksi. Selama musim hujan, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari membeli makanan dari luar dan mulai mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri. Pasalnya, kemungkinan besar makanan yang dibeli di lingkungan yang tidak higienis menyebabkan banyak kuman berkembang biak.

Baca Juga  3 Solusi Lupa Password HP Tanpa Ribet

3. Tetap Terhidrasi

Untuk bisa sehat dan terus beraktivitas sehari-hari, tubuh juga perlu cairan yang cukup. Menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik adalah satu hal yang bisa menjaga kesehatan diri. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Tubuh yang terhidrasi akan membantu melawan kuman dan infeksi.

Baca Juga  Makan Mie Instan Berlebihan, Ini Empat Dampak Buruknya

4. Istirahat Cukup

Siapa sangka menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup. Tidur malam yang nyenyak disebut penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sedangkan kurang tidur atau tidur kurang dari enam jam sehari dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan lelah. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terkena infeksi dan virus.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed