oleh

Penggunaan Parfum Beralkohol Masih Jadi Perdebatan, ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

5w1hindonesia.id, Zona Muslim – Perdebatan soal penggunaan parfum yang mengandung alkohol saat hendak shalat masih sering terjadi.

Seperti yang kita ketahui, alkohol adalah zat yang diharamkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Karena itulah hingga saat ini masih ada pro dan kontra soal penggunaan parfum beralkohol.

Dalam sebuah kanal youtube, Ustad kondang Abdul Somad atau yang kerap di sebut UAS menjelaskan soal penggunaan parfum yang mengandung alkohol saat shalat.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa akhohol itu adalah cairan anggur. Buah anggur diperas cairannya dimasukkan ke dalam botol lalu disimpan selama seminggu. Setelah melewati proses permentasi keluar zat baru berbuih namanya alkohol.

Baca Juga  Lakukan 6 Hal ini Sebelum Sesi Bercinta Dengan Wanitamu!

“Apakah alkohol itu najis? Ulama terbagi dua. Ulama Saudi Arabia mengatakan alkohol najis maka kalau disemprotkan ke baju maka baju itu tidak bisa dibawa sholat karena dalam Al-Quran dikatakan hamar itu najis”, terang UAS seperti dikutip dari kanal YouTube Wadah Ilmu yang di unggah pada, Rabu 22 September 2021.

UAS melanjutkan, pendapat kedua dari ulama di saudi arabia yang  memaknai najis di situ bukan najis aini, tapi najis maknawi.

Untuk diketahui, najis aini adalah najis yang masih ada wujudnya. Najis ini dapat terlihat rupanya, dapat tercium baunya, serta dapat dirasakan rasanya. Contoh dari najis ‘ainiyah adalah air kencing yang masih terlihat dengan jelas wujud dan baunya.

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

Sedangkan najis maknawi adalah najis yang menodai akidah sehingga tidak dapat dilihat oleh manusia seperti Syirik dan kufur. Menurut istilah, najis bisa diartikan suatu benda yang mengotori pakaian atau badan kita yang menghalangi sahnya ibadah kita kepada Allah.

Dalam kanal youtube tersebut, UAS menjelaskan peristiwa saat ayat tentang haram diturunkan. Pada saat itu khamar atau miras pernah ditumpahkan dijalan.

Baca Juga  Fenomena Narkoba Masa Kini, Ini Upaya Penanggulangannya

Pada saat itu nabi tidak melarang padahal sebagian sahabat menginjak hamar itu dan masuk ke dalam masjid, yang zaman itu belum disemen dan banyak yang tidak pakai sandal.

Uastad Abdul Somad sendiri dalam perkara ini lebih condong kepada pendapat bahwa alkohol pada parfum tidak najis dan tetap boleh melaksanakan shalat.

“Maka kalau berpendapat alkohol tidak najis maka boleh dipakai. Tapi saya sendiri memakai minyak wangi yang tidak memakai alkohol”, kata Ustaz Abdul Somad. (CR)

wallahualam bissawab …

Sumber: ‘Youtube Wadah Ilmu’

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed