oleh

Selain Hubungan Seks, Ini 5 Faktor Penyebab Selaput Dara Robek

-18 +-54 views

5W1HINDONESIA.ID18+ – Selaput dara robek masih menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Pasalnya, tak hanya hubungan seksual, penyebab robeknya selaput dara pada wanita bisa diakibatkan oleh faktor-faktor lain.

Perlu diketahui, selaput dara sendiri merupakan bagian penting dalam diri wanita di mana selalu dikaitkan dengan keperawanan. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap tentang selaput dara pada wanita, yuk simak ulasannya berikut.

Apa Saja Penyebab Selaput Dara Robek?

Dilansir dari Cleveland Clinic, selaput dara merupakan sepotong jaringan yang menutupi atau mengelilingi bagian dari lubang vagina. Beberapa orang akan merasakan sakit atau berdarah saat selaput dara atau hymen robek, namun sebagian besar tidak menyadarinya. Adapun beberapa penyebab dari hymen robek, yakni:

Olahraga tertentu

Olahraga tertentu diketahui menjadi salah satu penyebab dari robeknya hymen atau selaput dara pada wanita. Beberapa olahraga yang berisiko mengakibatkan robeknya selaput dara, yakni bersepeda, berkuda, menari, senam gymnastic, maupun olahraga lain yang banyak menggunakan gerakan kaki.

Namun, perlu diingat bahwa robeknya hymen akibat olahraga bisa terjadi ketika mengalami cedera yang cukup parah. Jika olahraga dilakukan dengan benar, maka tekanan di area selangkangan tidak akan membuat hymen menjadi robek.

Kecelakaan atau cedera

Robeknya hymen dapat terjadi karena cedera atau kecelakaan sehingga membuat area kewanitaan menjadi terluka. Pada awalnya, hal ini membuat daerah vulva atau perineum tak kuat menopang berat. Tak hanya itu, pecahnya selaput dara juga dapat terjadi saat terjatuh.

Gambar Gravatar
(Visited 12 times, 1 visits today)
Baca Juga  Harus tau! 3 Dampak Buruk Kebiasaan Onani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.