close
LampungPemerintahanTulang Bawang

Kunker ke Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal Sampaikan Dua Agenda Penting Pembangunan Lampung

×

Kunker ke Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal Sampaikan Dua Agenda Penting Pembangunan Lampung

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Tulang Bawang || Foto: Adpim Pemprov Lampung
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Tulang Bawang || Foto: Adpim Pemprov Lampung

5W1HIndonesia.id, Tulang Bawang – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Tulang Bawang, sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/ fungsional, camat, kepala tiyuh, dan tokoh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, di GSG Gunung Sakti, Kabupaten Tulang Bawang, Selasa (14/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal menyampaikan dua agenda penting terkait pembangunan Lampung. Untuk agenda pertama, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup tinggi bersifat inklusif, karena berpengaruh langsung kepada penurunan angka kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran, dan penurunan gini rasio.

Pertumbuhan ekonomi Lampung sudah kembali positif pada 2021. Bahkan, pada triwulan II-2022 ekonomi kita mampu tumbuh sebesar 9,12% (q-to-q) yang merupakan pertumbuhan ekonomi triwulanan tertinggi di Indonesia.

Pada triwulan II tahun 2023 ini, kalau dibanding triwulan I-2023 (q-to-q) ekonomi kita juga terus mengalami pertumbuhan  yang  cukup  tinggi  sebesar 8,15%.

“Kabupaten Tulang Bawang menyumbang capaian-capaian positif bagi Provinsi Lampung. Kinerja baik ditunjukkan dalam penurunan kemiskinan, yang tercatat sebesar 8,04% di tahun 2023, dan secara konsisten terus menurun dari tahun 2021 hingga 2023,” ujarnya.

“Kemiskinan ekstrem Kabupaten Tulang Bawang juga memiliki kinerja yang baik, tercatat sebesar 1.16%, berada di posisi 5 terendah di Provinsi Lampung,” sambung Arinal.

Kemudian, angka stunting tahun 2019 Provinsi Lampung tercatat sebesar 26,26 persen dan semakin menurun menjadi 15,2 persen ditahun 2022.

Baca Juga  Ditresnarkoba Polda Lampung Amankan Residivis Tindak Pidana Narkotika

Provinsi Lampung masuk dalam kategori tiga besar Provinsi di Indonesia, dengan prevalensi stunting terendah secara nasional.

“Hal di atas diikuti pula prevalensi penurunan stunting Kabupaten Tulang Bawang tahun 2022 tercatat sebesar 10,2%, peringkat ketiga terendah dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Kinerja baik tersebut, menyumbang capaian Provinsi Lampung menjadi terbaik ketiga Nasional dalam Penurunan Stunting Nasional tahun 2022,” papar Gubernur.

Dalam mendukung akses Perekonomian di Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi yaitu Pemeliharaan jalan Ruas Bujung Tenuk – Penumangan; Pembangunan Ruas Sp. Unit VIII  Gedong Aji; Pembangunan Ruas Gedong Aji  Umbul Mesir.

(Visited 41 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *