oleh

Menutup atau Membuka Mata, Mana yang Lebih Baik Ketika Sedang Shalat?

5w1hindonesia.id, Zona Muslim – Menjalan ibadah shalat bagi umat muslim di seluruh dunia adalah wajib hukumnya. Terkecuali bagi dia yang memiliki halangan untuk melakukannya, seperti haid misalnya pada wanita.

Pada saat melaksanakan shalat, biasanya umat muslim ada yang memejamkan mata ataupun tetap membuka matanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, memejamkan mata saat melaksanakan ibadah shalat tidaklah salah. Malah itu menjadi sunah ketika ada sesuatu yang mengalihkan fokus ketika shalata. Misalnya, ketika di depan kita ada yang telanjang, ada ukiran atau gambar yang bisa mengalihkan fokus.

Baca Juga  Tingkatkan Keterampilan dan Kompetensi Guru di Tanggamus, Tim PKM UML Gelar Pelatihan Pemanfaatan Media Online

Disisi lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  menganjurkan kita agar tetap membuka mata pada saat menjalankan ibadah shalat.

Terdapat sebuah hadis dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاةِ فَلا يَغْمِضْ عَيْنَيْهِ

”Apabila kalian melakukan shalat makan janganlah memejamkan kedua mata kalian.”

Selidik punya selidik, sejumlah ilmuan mulai meneliti maksud dari anjuran tetap membuka mata saat menjalan shalat.

Sejumlah ilmuan di negeri paman sam memecahkan teka teki tersebut. Shalat dengan mata terbuka, terutama saat rukuk dan sujud mempunya efek positif bagi kesehatan mata.

Baca Juga  Gak Izin, EA Kena Amuk Zlatan Ibrahimovic

Saat shalat, usahakan agar mata tetap fokus kepada satu titik selama rukuk dan sujud. Hal itu bertujuan untuk melatih otot mata agar kita tetap bisa melihat secara akurat dan jelas.

Membuka mata saat shalat juga bisa menjadi terapi alami untuk orang yang mempunyai penurunan kualitas pada penglihatannya.

Hikmah dibalik mata yang tetap fokus pada satu titik tempat sujud adalah saat ruku’ otot mata akan menekan lensa untuk meningkatkan visi dan saat bangun akan melonggarkan.

Sementara saat sujud, lensa mata akan menyusut karena jarak antara mata dengan tempat sujud memendek, dan ketika bangun dari sujud akan mengendurkan otot-otot mata.

Bila kita pratikkan setiap hari maka akan melatih otot-otot mata kita sehingga mata akan menjadi lebih sehat. Kita melakukan hal ini setiap hari 17 kali atau sebanyak yang kita inginkan.

Baca Juga  Bug Terbaru Magic Chess Mobile Legends, Blade Armor Bikin Swordsman Makin Sadis!

wallahualam bissawab …

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed