close
NasionalPemerintahan

Pj Gubernur Lampung Hadiri Penyampaian LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

×

Pj Gubernur Lampung Hadiri Penyampaian LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2023 dan IHPS II Tahun 2023 diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Dr. Isma Yatun, CSFA., CFrA kepada Presiden RI Joko Widodo || Foto: Diskominfotik Provinsi Lampung
Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2023 dan IHPS II Tahun 2023 diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Dr. Isma Yatun, CSFA., CFrA kepada Presiden RI Joko Widodo || Foto: Diskominfotik Provinsi Lampung

5W1HIndonesia.id, Jakarta – Pj. Gubernur Lampung Samsudin menghadiri acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtiar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Tahun 2023.

“Sudah sering saya sampaikan bahwa WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban kita semuanya, kewajiban menggunakan APBN dan APBD secara baik dan kewajiban mempertanggung jawabkannya secara baik pula,”  pesannya.

Situasi geo politik global yang tidak menentu, perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi global yang melambat merupakan tantangan dalam mempertahankan kestabilan ekonomi dan politik Indonesia.

“Alhamdulillah patut kita syukuri ekonomi dan politik Indonesia sangat stabil,” ujarnya.

Terkait regulasi dan birokrasi, Presiden Joko Widodo berharap agar lebih berani dan fokus pada hasil bukan prosedur, fokus pada capaian yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat Indonesia dan fokus pada capaian yang membawa kemajuan negara.

“Saya berharap reformasi struktural yang telah berjalan penting untuk dilanjutkan, lanjutkan sinkronisasi regulasi, lanjutkan penyederhanaan prosedur agar pemerintah berjalan lebih efektif, agar pemerintah berjalan lebih efisien dan berorientasi pada hasil bukan pada prosedur,” ungkapnya.

Baca Juga  Pj. Gubernur Samsudin Lepas Atlet Perwosi Lampung Ikuti Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara RI 2024

Mengakhiri sambutannya, Presiden Joko Widodo mengharapkan dukungan BPK RI dan seluruh komponen bangsa terkait dengan masa peralihan Pemerintahan dirinya dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, agar transisi tersebut berjalan dengan baik, menjaga keberlanjutan untuk membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia.

“Saya juga mengharapkan dukungan BPK RI untuk melanjutkan perbaikan ekosistem pemerintahan, membangun pemerintahan yang akuntabel dan sekaligus fleksibel yang berorientasi pada hasil, saya yakin pemerintahan saat ini dan saya yakin pemerintahan Bapak Prabowo Subianto ke depan akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK,” tandasnya. (Rls/SA)

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *