oleh

Wagub Lampung Lakukan Pelepasan Minyak Goreng dan Buka Pasar Murah Bersubsidi di Tulang Bawang Barat

5W1HIndonesia.id, Tulang Bawang Barat – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melakukan pelepasan minyak goreng dan membuka Pasar Murah Bersubsidi Bahan Pokok, di Halaman Pasar Modern Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Selasa (26/4/2022).

Kegiatan ini demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhannya terutama bahan pangan pokok.

“Ini program yang sangat diperhatikan oleh Pak Gubernur Arinal Djunaidi, bagaimana ibu-ibu bisa mendapatkan harga sembako murah,” ujar Wagub Chusnunia.

Harga bahan pangan pokok tersebut disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Lampung untuk keperluan harian maupun dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.
“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ujar Wagub Chusnunia.

Paket yang disebar sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini, harap Wagub Chusnunia, dapat didistribusikan dengan tepat sasaran.

Baca Juga  KAI Perpanjang Pembatalan KA Limex Sriwijaya Hingga Akhir September 2021

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni melaporkan bahwa mekanisme pelaksanaan pasar murah bersubsidi ini dilakukan dengan cara distribusi oleh pamong setempat dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19,” ucap Elvira.

Elvira menuturkan paket yang disebar sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, yaitu Tulang Bawang Tengah sebanyak 400 paket, Tulang Bawang Udik sebanyak 400 paket, Tumijajar sebanyak 400 paket, dan Pagar Dewa sebanyak 300 paket.

Adapun komoditi yang disubsidi yakni tepung terigu 2kg, Telur 1kg, Bawang Putih 1kg, dan minyak goreng kemasan 900ml.

Satu paket ini apabila beli dengan harga pasaran di Pulung Kencana, maka seharga Rp111.500. Karena mengambil melalui distributor, didapatkan seharga Rp85.500.

“Karena disubsidi, maka masyarakat menebusnya dengan harga Rp70.000 per paket,” katanya.

Selain itu, Elvira mengatakan bekerjasama dengan PT Aman Jaya Perdana disediakan minyak goreng curah sebanyak 3.000 liter yang dijual ke masyarakat dengan harga HET Rp14.000 per liter. Dengan masing-masing masyarakat mendapatkan 5 liter minyak curah.

Baca Juga  HMTA ITERA Lakukan Aksi Galang Dana Untuk Korban Banjir Bandang NTT

Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas penyelenggaraan pasar murah bersubisidi bahan pokok dan pendistribusian minyak goreng curah.

“Sungguh ini pasti membantu masyarakat, serta dalam rangka ketersediaan dan stabilitas harga,” ujar Umar.

Kegiatan ini, harap Umar, menjadi wujud kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat. (Rls/SA)

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.