close
Bandar LampungLampungPemerintahan

Gubernur Lampung Ajak Seluruh Komponen Daerah Jaga Iklim Kondusif Menghadapi Tahun Politik 2024

×

Gubernur Lampung Ajak Seluruh Komponen Daerah Jaga Iklim Kondusif Menghadapi Tahun Politik 2024

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri acara Silaturahmi Forkopimda, pimpinan partai politik, KPU, Bawaslu, FKDM dan pimpinan media massa di Mahan Agung, Rabu (22/6/2022). (Dok. Adpim Pemprov Lampung)

5W1HIndonesia.id, Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen di daerah Lampung menjaga iklim kondusif menghadapi tahun politik di 2024 yaitu penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak.

Hal tersebut disampaikan Gubernur terkait pemikiran yang berkenaan dengan tugasnya dalam acara Silaturahmi Forkopimda, pimpinan partai politik, KPU, Bawaslu, FKDM dan pimpinan media massa di Mahan Agung, Rabu (22/6/2022).

Gubernur Arinal menyampaikan, tugas dari Gubernur adalah Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten/Kota memiliki fungsi pembinaan, pengawasan dan koordinasi urusan otonomi di daerah serta tugas pembantuan sesuai dnegan Pasal 38 ayat 1.

Selanjutnya, sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah, Gubernur juga memiliki fungsi untuk mengadakan pengawasan dan pengoordinasian pada penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota.

Ia juga menambahkan, Gubernur mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada Pemerintah Pusat dan memberikan laporan keterangan pertanggung jawaban kepada DPRD serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada masyarakat.

Baca Juga  Eva Dwiana Lantik Pejabat Tinggi dan Dewan Pengawas PDAM Way Rilau

Gubnernur Arinal mengimbau kepada para pimpinan partai politik untuk mampu menjaga kesabaran dan pengendalian diri serta tidak melakukan langkah-langkah politik yang memanaskan situasi politik.

“Sebaliknya mematuhi imbauan positif yang dilontarkan penyelenggara pemilu yakni menjaga kondusifitas dan ketertiban di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengimbau kepada Forkopimda untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-sebaiknya.

(Visited 37 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *