oleh

Jangan Cuekin Kelamaan, 5 Masalah Ini Bisa Mengancam Kesehatan Mobilmu

-Otomotif-85 views

5W1HIndonesia.id, Otomotif – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah Indonesia memaksa kita untuk tidak bepergian.

Ya, kondisi ini tentunya sangat berpengaruh kepada kendaraan roda empatmu apabila lama tidak terpakai. Nah 6 penyebab mobil tidak awet ketika lama dibiarkan.

1. Daya Aki Melemah

Pada dasarnya aku adalah komponen penting dalam suatu kendaraan, tidak hanya sekedar untuk menghidupkan mobil tetapi menjadi sumber daya arus utama kelistrikan. Namun aku juga memiliki titik kelemahan jika lama tidak dilakukan charge atau pengecasan.

Tips agar aki tetap awet saat mobil lama diam di rumah adalah melakukan pengecasan dengan cara menghidupkan mobil 3 hari sekali. Untuk menghasilkan pengisian yang optimal bisa mobil dikendarai untuk jarak dekat.

Baca Juga  Kabar Gembira untuk Velors, Vespa Sprint S 150 TFT Bakal Meluncur di Harga Rp40 Jutaan

2. Berkurangnya Tekanan Ban

Dalam jangka panjang tekanan angin pada ban juga dapat berkurang loh, oleh sebab itu pengecekan berkala pada roda juga harus rutin dilakukan agar tidak kempes saat akan dikendarai.

Tipsnya agar tekanan ban selalu terpantau dengan cara menjalankan mobil maju-mundur beberapa saat waktu memanaskan mesin. Lalu pastikan posisi tumpuan ban berubah ketika mobil parkir kembali untuk memindahkan distribusi beban.

3. BBM Mengendap

Udara lembab bisa jadi penyebab pengembunan pada tangki dan saluran BBM, jika mesin tidak dihidupkan dalam waktu lama. Dampaknya ini membuat BBM akan bercampur dengan air yang menguap sehingga mengurangi kualitasnya serta berpotensi menimbulkan karat.

Baca Juga  Cukup Modal Rp35 Juta Aja, Kamu Bisa Pakai Motor Sport Bak Tampilan 250 CC

Hal itu menyebabkan munculnya endapan yang akan menyumbat saluran bahan bakar. Maka pastikan filter bahan bakar selalu bersih dengan menjalankan servis berkala meskipun di masa PPKM agar bensin bersih dari partikel kotoran dan karat.

4. Piringan Cakram Rem Berkarat

Tidak adanya gesekan antara kampas rem dengan piringan cakram lantaran mobil lama tidak dipakai juga dapat membuat piringan menjadi berkarat. Kondisi ini merupakan proses alamiah, tapi jika dibiarkan akan menyebabkan berkurangnya performa rem.

Menghindari hal itu dengan cara menjalankan mobil saat memanaskan mesin, otomatis karat pada piringan cakram akan hilang dengan sendirinya ketika rem mobil dioperasikan.

Baca Juga  Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

5. Debu Mengendap di Saluran AC

Debu di sekitar mobil juga dapat mengendap ke dalam saluran AC. Hal itu juga berdampak pada menurunnya kinerja AC.

Agar terhindar dari hal tersebut makan dapat melakukan cara ini, pertama nyalakan AC sekitar 10 menit minimal seminggu sekali. Ketika memanaskan mesin mobil agar sirkulasi udara bisa mengusir debu. Juga pastikan filter kabin terjaga kebersihannya sebagai media penyaring debu yang bersirkulasi dalam sistem AC mobil.

“Hindari masalah dengan segera melakukan pengecekan, terutama bila mobil terlalu lama tidak digunakan selama masa PPKM,” ujar Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dilansir dari kumparan. (FO/SA)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed