close
Zona Muslim

5 Keutamaan Menangis karena Allah SWT yang Patut Diketahui

×

5 Keutamaan Menangis karena Allah SWT yang Patut Diketahui

Sebarkan artikel ini
keutamaan menangis karena Allah
Ilustrasi Keutamaan Menangis karena Allah || Photo by StockSnap on Pixabay || 5W1HINDONESIA.ID

5W1HINDONESIA.IDZONA MUSLIM – Keutamaan menangis karena Allah SWT sangat banyak dan penting didapatkan oleh hamba-Nya yang bertakwa. Ya, air mata dianugrahi oleh Allah SWT untuk mengungkapkan perasaan sedih, bersyukur, hingga senang.

Karena itu, menangis yang disebabkan oleh Allah SWT bisa memberikan manfaat serta keutamaan luar biasa. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap terkait keutamaan dari menangis karena Allah, yuk simak ulasannya berikut.

Apa Saja Keutamaan Menangis karena Allah SWT?

Menangis karena takut kepada Allah SWT merupakan sifat dari hamba yang bertakwa dari para Nabi dan orang-orang shalih. Dengan demikian, ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika sungguh-sungguh takut dan menangis karena Allah SWT, di antaranya:

1. Mendapatkan Naungan dari Allah SWT

Keutamaan yang pertama adalah mendapatkan naungan dan perlindungan dari Allah SWT. Allah berfirman, “Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran Al-Qur’an yang telah mereka ketahui, seraya berkata:

‘Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Muhammad SAW’”. (QS. Al-Maidah ayat 83) dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

Tujuh macam orang yang akan dinaungi Allah SWT pada hari yang tiada naungan kecuali naungannya”. Kemudian disebutkan pula, “…dan seseorang yang mengingat Allah dalam kesendiriannya, lalu kedua matanya berlinang air mata”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Selamat dari Berbagai Fitnah

Selain mendapat naungan serta perlindungan Allah SWT, ada keutamaan lain yang bisa diperoleh umat muslim. Keutamaan yang dimaksud adalah selamat dari berbagai fitnah jahat selama hidup di dunia.

Dari Uqbah bin Amir, ia berkata, “Ya Rasulullah, apakah kedamaian itu?” Rasulullah menjawab, “Tahanlah lisanmu, jadikanlah rumahmu nyaman untuk beribadah dan menangislah atas kesalahanmu”. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

3. Dicintai oleh Allah SWT

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua macam mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka, mata yang menangis karena takut kepada Allah SWT dan mata yang berjaga dalam peperangan di jalan Allah SWT”. (HR. Tirmidzi)

Pada dasarnya, menangis karena Allah SWT termasuk salah satu bukti keimanan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang mukmin itu melihat dosa-dosanya seolah-seolah dia berada di sebuah gunung,

dia khawatir gunung itu akan menimpanya. Sebaliknya, orang yang durhaka melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di atas hidungnya, dia mengusirnya dengan tangan maka lalat itu terbang”. (HR. At-Tirmidzi)

(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *