close
Zona Muslim

Tanggal Malam Nifsu Syaban 2024 dan Keistimewaannya

×

Tanggal Malam Nifsu Syaban 2024 dan Keistimewaannya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi || Foto: hasan almasi unsplash.com
Ilustrasi || Foto: hasan almasi unsplash.com

5W1HINDONESIA.ID, Zona Muslim – Malam Nisfu Syaban, yang jatuh pada tanggal 24 Februari 2024, menandai waktu istimewa dalam kalender Islam. Dalam tradisi Islam, malam ini dipercaya penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Berdasarkan hadits yang terdapat dalam Kitab Sunan Ibn Majah juz 1 halaman 444, hadits nomor 1388, dinyatakan bahwa

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

Dari [Ali bin Abu Thalib] ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban), maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: “Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rezeki maka Aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar. “

Adapun keistimewaan pada malam Nifsu Syaban sebagai berikut :

Baca Juga  5 Hadis Tentang Cinta Kepada Sesama Makhluk Allah SWT

1. Ampunan dan Rezeki

Malam Nisfu Syaban dianggap sebagai malam ampunan, di mana Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampunan-Nya.

Amalan-amalan saleh seperti membaca Surat Yasin, melaksanakan shalat sunnah, berdoa, dan puasa nisfu Syaban sangat dianjurkan pada malam ini.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *