oleh

Lindungi Keselamatan Pengendara, Michelin Beberkan Tips Aman Penggunaan Ban di Jalan

5W1HIndonesia.id, Tulang Bawang Barat – Ban merupakan salah satu komponen penting keselamatan dalam berkendara baik di jalan raya ataupun jalan tol.

Berkaca dari itu, Michelin Indonesia berkolaborasi dengan PT Hutama Karya (HK) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait keselamatan di jalan.

Hal tersebut dibenarkan Kartika Susanti, Head of Public Affairs and Press Relation, Michelin Indonesia saat ditemui pada Apel Siaga Nataru yang digelar di Rest Area KM 215, Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, Senin (15/12/2021).

“Jadi kita diundang kolaborasi oleh Hutama Karya untuk kampanye keselamatan jalan,” ungkap Kartika.

Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna jalan tentang keselamatan berkendara.

“Kalau kampanyenya HK kan ‘Selamat Sampai Tujuan’, karena ini kan mau libur masa Natal dan Tahun Baru ya, biasanya traffict itu lagi naik,” tuturnya.

“Apalagi kita kan udah lama gak liburan ya, jadi dari pihak HK mengundang kita untuk memberikan edukasi,” sambungnya.

Menurutnya, pihak Michelin pun menyambut baik terkait hal tersebut. Sebab, bagi Michelin sendiri keselamatan itu seperti DNA sehingga gelaran kampanye seperti ini setiap tahun dilaksanakan.

Baca Juga  Gubernur Lampung Terima Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR-RI dalam Rangka Persiapan Pembelajaran Tatap Muka dan Implementasi Bansos

“Kebetulan karena tahun-tahun lalu kita lagi pandemi, jadi kita tidak bisa melakukan kegiatan offline,” bebernya.

Oleh karenanya, kegiatan ini merupakan pertama kalinya untuk Michelin Indonesia melakukan kampanye keselamatan di jalan secara tatap muka.

Kegiatan itu dua hari. Ini hari pertama bersama HK dan jajaran yakni menggelar FGD dengan Dishub, DLLAJR, kepolisian dan Basarnas dimana Michelin menyampaikan pengetahuan-pengetahun tentang keselamatan yang berkaitan terutama dengan penggunaan ban.

“Tadi disampaikan selama kurang lebih 1 jam dan kemudian ada sesi tanya jawab,” paparnya.

Kegiatan tersebut diharapkan juga bisa membantu bapak-bapak petugas di lapangan, lanjut dia, ketika nantinya harus memeriksa kondisi ban itu seperti apa seharusnya dicek supaya menjamin berkendara itu selamat sampai tujuan harus seperti apa.

“Nah, ini hari pertama kita akan lanjut lagi besok hari kedua itu kita akan memberikan edukasi kepada pengunjung pengguna jalan umum yang melalui rest area ini,” paparnya.

Baca Juga  Bersama Penggiat Medsos, Diskominfotik Lampung Gelar Diskusi tentang Pengembangan Wisata Hutan

Teknisnya adalah pihaknya nanti akan memberikan cek tes tekanan angin dan tes ketebalan kembangan ban secara gratis.

Idealnya tekanan angin harus berapa. Lalu, kedalaman kembangan ban itu harus berapa maksimal sehingga ban itu masih boleh digunakan atau apakah sudah harus diganti.

“Itu besok dan tahun ini kegiatan seperti ini hanya di Lampung saja. Dan mudah-mudahan tahun depan bisa diperluas lagi,” pungkasnya. (SA)

Gambar Gravatar
(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.