oleh

Rekomendasi 7 Makanan Penghilang Stres yang Cukup Ampuh

5W1HINDONESIA.IDKESEHATAN – Makanan penghilang stres merupakan salah satu cara yang dilakukan beberapa orang untuk menjaga kesehatan mental. Biasanya, makanan tersebut tak hanya lezat, namun juga mengandung nutrisi yang baik.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka bisa membantu memberikan dorongan energi yang dibutuhkan tubuh. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makanan yang dapat membantu menghilangkan stres, yuk simak ulasan berikut.

Daftar Makanan Penghilang Stres yang Bisa Dikonsumsi

Dilansir dari Webmd, ketika dalam situasi stres, tubuh biasanya akan melancarkan respons fisik. Kadar stres sendiri dapat meningkat tajam ketika tertekan akibat pekerjaan atau lingkungan. Untuk mengurangi tekanan stres tersebut, terdapat beberapa makanan yang bisa dikonsumsi, antara lain:

1. Oatmeal

Makanan pertama yang dapat membantu mengurangi stres adalah oatmeal. Sebab, karbohidrat kompleks dari oatmeal dapat membantu otak membuat serotonin, hormon mood baik. Serotonin ini tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan rasa menenangkan.

Perlu diketahui, stres dapat menyebabkan gula darah meningkat, tetapi karbohidrat kompleks tidak berkontribusi pada potensi naik atau turunnya gula darah secara mendadak. Karena itu, oatmeal bisa dikonsumsi saat pagi hari dengan tambahan berbagai topping buah segar atau kacang-kacangan.

2. Yogurt

Yogurt atau makanan probiotik lain sangat baik untuk kesehatan usus karena mengandung bakteri baik di dalamnya. Bahkan, yogurt juga diketahui memiliki korelasi dengan penurunan kecemasan, depresi, dan dapat meningkatkan suasana hati.

3. Sayuran berdaun hijau

Makanan yang dapat membantu menghilangkan stres selanjutnya, yaitu sayuran berdaun hijau. Beberapa sayuran tersebut, di antaranya bayam atau asparagus dengan kandungan folat yang menghasilkan dopamin.

Dopamin sendiri merupakan zat otak yang merangsang kebahagiaan sehingga membantu pikiran tetap tenang. Selain itu, sayuran hijau ternyata juga kaya akan magnesium sehingga mampu mengurangi kadar kortisol atau hormon stres tubuh.

4. Alpukat

Alpukat termasuk buah dengan kandungan tinggi glutathione, yakni senyawa unik yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, serta folat yang lebih banyak dari buah lain.

Gambar Gravatar
(Visited 9 times, 1 visits today)
Baca Juga  Pakai Celana Dalam Ketat Bisa Pengaruhi Kualitas Sperma Pria

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *