close
Zona Muslim

5 Manfaat Sholat Berjamaah, Dapat Kenikmatan Dunia Akhirat!

×

5 Manfaat Sholat Berjamaah, Dapat Kenikmatan Dunia Akhirat!

Sebarkan artikel ini
manfaat sholat berjamaah
Ilustrasi Manfaat Sholat Berjamaah || Photo by Salman Preeom on Unsplash || 5W1HINDONESIA.ID

5W1HINDONESIA.ID, ZONA MUSLIM – Sebagai umat muslim, manfaat sholat berjamaah tentu perlu diketahui. Ya, sholat sendiri merupakan tiang agama yang wajib ditegakkan oleh seluruh muslim. Dalam Islam, seseorang yang sudah akil baligh diwajibkan untuk menunaikan ibadah sholat fardhu lima waktu sehari.

Karena hukumnya wajib, orang yang meninggalkan sholat akan memperoleh dosa besar. Nah, untuk mengetahui manfaat serta keutamaan dari sholat berjamaah, simak pembahasan selengkapnya berikut.

Manfaat Sholat Berjamaah Bagi Umat Muslim

Ibadah sholat umumnya dapat diterima dengan berbagai persyaratan, mulai dari syarat sah sholat hingga rangkaian rukun. Selain itu, ibadah sholat juga sah jika dilakukan dengan ikhlas dan khusyuk.

Seorang muslim pun akan mendapatkan peluang pahala yang tinggi jika melakukan sholat berjamaah. Adapun beberapa manfaat dari sholat berjamaah yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Pahala Berlipat Ganda

Manfaat dari sholat berjamaah yang pertama adalah mendapatkan pahala berlipat ganda. Dalam sebuah hadis dijelaskan mengenai pahala sholat berjamaah, yakni “Sholat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan mendapatkan 27 derajat”. (HR. Bukhari)

Allah SWT akan memberikan pahala sebesar 27 derajat kepada orang yang melaksanakan sholat berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa, siapa saja yang mencari dan menunaikan ibadah sholat secara berjamaah, maka pahala atas sholatnya akan berlipat ganda.

2. Terlindungi dari Godaan Setan

Selain mendapatkan pahala berkali lipat, sholat berjamaah juga akan membuat seorang muslim terlindungi dari godaan setan. Perlu diketahui, setan berhati-hati dalam merusak ibadah umat Islam, terutama sholat.

Dalam sebuah hadis dijelaskan, “Jika tiga orang di sebuah desa atau padang gurun tidak membuat pengaturan untuk sholat berjamaah, Setan pasti telah mengalahkan mereka. Maka, jagalah sholat berjamaah, karena serigala memakan domba yang menyendiri dan menjauh dari kawanannya”. (HR. Abu Dawud)

3. Derajatnya Akan Diangkat

Setiap langkah seorang muslim yang berjalan menuju masjid untuk menunaikan sholat berjamaah, maka akan diangkat derajatnya. Keutamaan ini pun sudah disebutkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Hadis tersebut berbunyi, “Jika salah seorang dari kalian berwudhu dan membaguskannya, kemudian datang ke masjid, dan tidak ada yang menggerakkannya kecuali sholat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kecuali dengannya Allah akan mengangkat derahat dan menghapus dosanya…” (HR. Ibnu Majah)

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *