oleh

Tinjau Lokasi Stasiun KA Bandara Arinal: Akan Mudahkan Akses Wisatawan

5W1H, Bandar Lampung– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tinjau langsung lokasi rencana pembangunan stasiun kereta api bandara dan sky bridge, yang bertujuan untuk mengefisiensi waktu tempuh wisatawan dari Bandara Raden Inten II menuju Kota Bandar Lampung.

Hal tersebut disampaikan Arinal Djunaidi dalam tinjauannya langsung meninjau lokasi pembangunan menggunakan kereta api rail one di wilayah Stasiun Branti, yakni tepatnya di Km 34.

“Pembangunan stasiun kereta api bandara ini nantinya akan memudahkan akses masyarakat dan wisatawan dari Bandara menuju pusat kota, dan juga sebaliknya,” ungkapnya, Kamis(31/10).

Pembangunan kereta api bandara yang akan mulai dikerjakan pada 2020 ini akan dibangun sederhana dan modern, karena akan berada di bandara bertaraf Internasional. Selain itu, ia juga menyinggung mengenai adanya pembangunan short cut dari Tegineneng, Panjang hingga Tarahan, serta jalur kereta api yang sampai ke Bakauheni.

Baca Juga  Sukseskan Vaksinasi Lansia, Pemkot Bandar Lampung Jalin Kolaborasi Bersama Grab

“Kereta api nantinya akan sampai Bakauheni. Hal ini mengingat Bakauheni akan menjadi wisata nasional. Dengan adanya jalur kereta api tersebut, masyarakat akan memiliki dua alternatif menuju wisata Bakauheni yaitu melalui jalur tol dan jalur kereta api, sehingga akan efisien waktu dan biaya,” paparnya.

Arinal menuturkan, selain jalur short cut Tigeneneng- Tarahan, ia meminta untuk mengkaji terkait pembangunan jalur kereta api sampai ke krui, Pesisir Barat untuk memudahkan masyarakat dan wisatawan berkunjung kesana.

Baca Juga  Tega Cabuli Sang Keponakan, Anton Harus Merasakan Kursi Pesakitan

“Tentunya ini harus dilakukan kajian terlebih dahulu. Kalau ini dapat dilaksanakan, maka masyarakat dan wisatawan akan dapat mudah berkunjung ke Pesisir Barat untuk dapat melihat ekowisata dan kuliner disana,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam mengembangkan transportasi yang aman dan nyaman nantinya kereta api antar kabupaten dan kecamatan di Provinsi Lampung akan dikembangkan.

“Saat ini transportasi kereta api kita yaitu Sumatera Selatan-Lampung. Kedepan tidak hanya itu, saya juga akan kembangkan kereta api antar kabupaten dan kecamatan di Provinsi Lampung,” tuturnya.

Sementara itu, Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang Sulthon Hasanudin membahas mengenai rencana kereta bandara menjelaskan, bahwa stasiun akan dibangun bersebrangan dengan bandara, lalu sementara itu untuk rencana pembangunan jalur kereta api menuju daerah wisata menurut nya kedepannya dapat dilakukan, dengan melakukan berbagai alternatif.

Baca Juga  Tangani Covid-19, Pemkot Jalin Sinergitas Bersama IDI Bandar Lampung

“Rencana kereta api bandara akan dibangun tepat diseberang Bandara Raden Intan II Lampung. Nantinya akan dibangun sky bridge atau jembatan penyeberangan multiguna menuju stasiun kereta api bandara,” terangnya.

Selain itu, Tim Ahli Itera Jolison yang menangani desain stasiun kereta api bandara dan sky brigde menargetkan desain akan selesai pada bulan Desember tahun ini.(Rls/SA/RN)

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed