oleh

Antisipasi Lonjakan Arus Kendaraan saat Nataru, HK Ruas Terpeka Gelar Apel Siaga

5W1HIndonesia.id, Tulang Bawang Barat – PT Hutama Karya (HK) Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) memprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan yang melintas jalan tol pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal tersebut diungkapkan Yoni Satyo Wisnuwardono, Branch Manager PT Hutama Karya (HK) Ruas Tol Terpeka di sela-sela Acara Apel Siaga Nataru yang digelar di Rest Area KM 215, Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung pada Senin (15/12/2021).

“Prediksi peningkatkan terjadi di H+1 Natal dan H+8 Natal itu sekitar tanggal 26 Desember dan 2 Januari. Itu terjadi kurang lebih kenaikan sekitar 30 persen,” paparnya.

Oleh karenanya, PT HK melaksanakan berbagai upaya dalam rangka mengantisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan tersebut.

“Antisipasi yang kami lakukan standby seluruh petugas baik di lalu lintas maupun gerbang tol,” beber Yoni.

Lalu, pihaknya juga menambah mobil rider yang ada di gerbang tol supaya mengantisipasi adanya penumpukan lalu lintas di gerbang tol.

“Pemeliharaan kondisi jalan juga kita lakukan sampai dengan tanggal 21 Desember kita pastikan lubang-lubang itu sudah tersapu dan ditutup,” tuturnya.

Dengan berbagai kesiapan tersebut, PT HK sebagai badan usaha jalan tol memastikan siap menyambut momen Nataru.

“Makanya pada pagi hari ini kita mengajak stakeholders terkait dua provinsi dan 5 kabupaten dari Polda dan Polres, Basarnas, TNI dan kepolisian untuk sama-sama memastikan kesiapan naik peralatan maupun personel,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkot Bandar Lampung Beri Santunan Kepada Korban Rumah Roboh

Pihak HK juga dalam kesempatan kali ini mengadakan operasi keselamatan berkendara dan juga didukung oleh produsen ban Michelin dalam upaya menekan tingkat kecelakaan yang terjadi akibat penggunaan ban yang tidak benar.

Sementara itu, Wakapolres Tubaba Kompol Zulkarnain menjelaskan bahwa pada hari ini difasilitasi oleh PT HK selaku penyedia layanan jalan tol terkait dengan jelang Nataru maka berbagai prediksi akan diantisipasi.

“Manakala terjadi lonjakan-lonjakan pemudik baik yang melakukan ibadah Natal dan merayakan libur Tahun Baru maka HK selaku penyelenggara jalan tol mengajak steakholder dan semua pihak terkait,” paparnya.

Menurutnya, berbagai stakeholders yang terlibat di sini meliputi jajaran dari Dishub baik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) maupun dari Provinsi Lampung, jajaran kepolisian baik dari Polda Sumsel maupun Lampung. Lalu, pihak-pihak terkait lainnya Basarnas, TNI dan medis.

“Kita semua memang sudah menyiapkan komponen-komponen tersebut guna menunjang kelancaran bagi pemudik yang akan melalui jalan tol termasuk apabila ada kendala kita ada di situ untuk memberi bantuan dan memperlancar,” paparnya.

Jumlah personel yang hari ini hadir, sambung dia, lebih kurang 150 personel dari berbagai komponen namun manakala dibutuhkan semua jajaran siap mem-backup.

Baca Juga  Wagub Chusnunia Chalim Lantik Penjabat Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo

“Jadi kita tidak mempermasalahkan jumlah personel namun kita melihat tergantung dari kebutuhan situasi dan kondisi,” tegasnya.

Kesiapan sendiri secara umum adalah dengan meyiapkan petunjuk-petunjuk yakni PT HK menyiapkan Focus Group Discussion (FGD), peta wilayah, petunjuk-petunjuk arah, kesiapan dari pada komponen perlibatan manakala terjadi kendala dari masyarakat yang mudik melalui jalan tol.

Kegiatan Apel Siaga Nataru yang dilaksanakan oleh PT HK Ruas Tol Terpeka dilaksakan selama dua hari yaitu dari tanggal 20-21 Desember 2021.

Berdasarkan pantauan, selain persiapan seluruh personel terkait juga dilaksanakan sosialisasi keselamatan berkendara oleh pihak Michelin, operasi microsleep, dan operasi ban gundul bagi pengendara yang melintas di jalan tol. (SA)

Gambar Gravatar
(Visited 58 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.