oleh

Cegah Covid-19, Satlantas Polres Tanggamus Membuat RHK di Lampu Merah

-Tanggamus-188 views

5W1HIndonesia.id, Tanggamus – Dalam rangka mencegah Covid 19 dan tertib berlalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanggamus membuat Ruang Henti Khusus (RHK) di salah satu lampu merah di Kabupaten Tanggamus agar bisa menerapkan jaga jarak saat berkendara, Sabtu (18/7/2020).

Meski di wilayah tersebut hanya memiliki satu buah traffic light (lampu merah) yang terdapat di tengah kota Tanggamus yaitu jalan Ir. H. Juanda Lintas Barat Sumatera.

Baca Juga  Paskas Tanggamus dan ACT Lampung Bagikan Beras dan Bantuan untuk Ponpes di Tanggamus

RHK yang dibuat pun mirip lintasan start MotoGP yang berada di kanan jalan protokol tersebut.

Pembuatan RHK bagi pengendara roda dua tersebut dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga salah satu protokol kesehatan.

Kapolres Tanggamus AKBP. Oni Prasetya, Sik., melalui Kasat Lantas Iptu Rudi. SH menerangkan tujuan RHK ini untuk ketertiban kendaraan-kendaraan saat berhenti di lampu merah, sehingga dibuatlah RHK ini.

Baca Juga  Percepat Akses Sanitasi, YKWS Gelar Webinar Sanitasi Aman di Tanggamus

“Tujuan RHK ini, seperti kendaraan sepeda motor berhenti di batas yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk kendaraan roda empat berhenti di belakang RHK. Hal ini agar kendaraan roda dua dan roda empat tidak saling berebutan saat berhenti di lampu merah,” tambahnya.

Baca Juga  Gubernur Arinal dan Ibu Riana Buka Lampung Craft 2021, Tanggamus Dijadikan Ikon dengan Mengusung Tema 'Stairway to Heaven'

RHK sebenarnya sudah ada sejak dulu, bahkan dalam Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 sudah ada.

“Untuk sanksi, bila mana ada yang melanggar terutama roda empat yang berhenti di RHK mereka akan dikenakan pasal perambuan. Lalulintas tentang perambuan dengan adanya sanksi denda berupa tilang,” pungkasnya. (FO/SA)

(Visited 38 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed