oleh

Cek Kesehatan Hewan Jelang Idul Adha, Petugas Belum Temukan Hewan Tidak Layak Kurban

5W1HIndonesia.id, Bandarlampung – Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung bidang Peternakan menerjunkan sejumlah tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual pedagang dalam menyambut Hari Raya Idul Adha pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, petugas belum menemukan hewan yang tidak sehat, atau tidak layak untuk dijadikan hewan kurban.

Baca Juga  Bandar Lampung Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya

“Alhamdulillah sampai saat ini kita belum menemukan hewan yang tidak layak kurban. Tetapi ini kita juga masih terus berjalan melakukan pengecekan sampai pemotongan hewan,” kata Agustin, Kadis Pertanian Kota Bandarlampung, Jumat (17/7/2020).

Ia menuturkan bahwa pihaknya menurunkan 20 tim yang tersebar di semua kecamatan. Selain pengecekan kesehatan, petugas juga memastikan kelayakan daging kurban setelah disembelih, layak dikonsumsi atau tidak.

Baca Juga  IMA Lampung Siap Kampanyekan GETARO ke Kampus-kampus

“Setiap tim ada tiga sampai empat orang dan kita juga gabungan dengan dinas terkait lainnya,” ungkapnya.

Agustini menghimbau bagi masyarakat yang ingin membeli hewan kurban harus dipastikan sehat. Ciri-cirinya yaitu tubuhnya baik dan bersih.

Baca Juga  Terdampak Covid-19, Herman HN Sarankan Pelaku Usaha Wedding Organizer Buka Usaha Lain

“Bulu-bulunya halus dan yang pasti tidak cacat sesuai dengan kriteria hewan yang cukup umur,” bebernya.

Ia juga menerangkan bahwa persediaan hewan kurban di Bandarlampung masih cukup, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. “Stok kita cukup, sapi sekitar 1.500 dan kambing sekitar 2.400,” pungkasnya. (SA)

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed