oleh

Baca Doa Setelah Tahiyat Akhir, Bisa Terhindar dari Fitnah Dajjal!

5W1HINDONESIA.IDZONA MUSLIMMelafalkan doa setelah tahiyat akhir sebelum salam termasuk salah satu sunah dalam sholat. Bacaan ini umumnya serupa dengan bacaan tahiyat awal, hanya saja dilengkapi dengan sholawat nabi. Nah, jika ingin mengetahui bacaan doa usai tahiyat akhir dalam sholat, simak ulasannya berikut.

Bagaimana Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir?

Doa merupakan permohonan kepada Allah SWT yang disertai kerendahan hati agar mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan. Untuk itu, ketika berdoa penting menerapkan sikap khusyuk atau bersungguh-sungguh terhadap apa yang diharapkan kepada Allah SWT.

Salah satu cara untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat adalah melafalkan doa usai tahiyat akhir sebelum salam dalam sholat. Dengan membaca doa seusai tahiyat akhir, diyakini dapat membantu umat Muslim untuk terhindar dari fitnah Dajjal.

Adapun doa yang harus diucapkan, yakni “Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnari jahannam wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min finatil masiihid dajjaal.”

Arti dari doa tersebut adalah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.”

Kemudian, setelah membaca doa ini, umat Muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam selesai sholat yang berbunyi, “Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh”. Arti dari ucapan salam adalah “Semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, serta keberkahan kepadamu.”

Cara untuk Menghindari Fitnah Dajjal

Upaya yang dapat dilakukan untuk terhindar dari Dajjal di akhir zaman adalah rajin berdoa. Dajjal sendiri merupakan makhluk ciptaan Allah yang diprediksi Nabi akan muncul di akhir zaman dan membawa pengaruh buruk bagi kehidupan manusia.

Gambar Gravatar
(Visited 137 times, 2 visits today)
Baca Juga  Sering Terlewatkan, ini Keutamaan Shalat Witir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *