oleh

Ini Dia Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

5W1HINDONESIA.IDZONA MUSLIM – Niat puasa Senin Kamis memang wajib diketahui oleh umat Muslim yang ingin rutin menjalankan ibadah sunah ini. Meski termasuk sunnah, puasa Senin Kamis juga tetap bernilai ibadah di mata Allah SWT dan memiliki keutamaan tersendiri. Nah, untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, simak ulasannya berikut.

Bagaimana Niat Puasa Senin Kamis?

Tak hanya puasa Ramadhan, umat Muslim juga perlu mengenal puasa sunah Senin-Kamis. Seperti ibadah puasa pada umumnya, puasa Senin-Kamis harus didahului dengan bacaan niat. Untuk waktu pembacaan niat, dapat dilakukan pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari hingga fajar.

Lafal niat puasa sunah Senin dan Kamis memiliki sedikit perbedaan. Pada hari Senin, niat yang bisa diucapkan, yakni “Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta’ala” dengan arti “Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta’ala.”

Kemudian, lafal niat puasa sunah pada hari Kamis, yaitu “Nawaitu shauma yaumil khamisi lillahi ta’ala” yang berarti “Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta’ala”. Apabila niat sudah diucapkan, maka umat Muslim dilarang makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Apa Saja Keutamaan Puasa Senin Kamis?

Puasa sunah memiliki artian, yakni puasa yang bila dilaksanakan mendapatkan pahala dan tidak berdampak apa-apa jika tidak dilaksanakan. Meskipun begitu, ada keutamaan menjalankan puasa dua hari dalam satu pekan. Beberapa keutamaan dari melakukan puasa Senin dan Kamis, di antaranya:

Dibukanya pintu surga

Keutamaan pertama dari puasa Senin dan Kamis adalah dibukanya pintu surga. Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang keutamaan berpuasa Senin dan Kamu, yakni Allah telah membuka pintu surganya pada hari Senin dan Kamis. Karena itu, barang siapa dari hambanya yang tidak menyekutukan Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya.

Gambar Gravatar
(Visited 19 times, 1 visits today)
Baca Juga  Apa Hukum Mengelap Air Wudhu? Begini Pendapat Para Ulama!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *