close
Zona Muslim

Ini Dia Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

×

Ini Dia Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

Sebarkan artikel ini
niat puasa Senin Kamis

Allah tidak akan memberikan pengampunan dosa kepada muslimin atau muslimah yang bermusuhan dengan saudaranya hingga bisa berdamai. Dengan begitu, sudah sepantasnya umat Muslim wajib menggunakan momen puasa sunah ini untuk melakukan amalan baik agar terhindar dari perbuatan yang berpotensi menyekutukan Allah.

Dikumpulkannya amalan umat manusia

Perlu diketahui, hari perhitungan amalan manusia akan dilakukan pada hari Senin dan Kamis. Dalam hadis riwayat Muslim dikatakan bahwa, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yakni Senin dan Kamis. Maka semua yang beriman terampuni dosanya, kecuali hamba yang bermusuhan dengan saudaranya.”

Hari Senin dan Kamis menjadi hari penting Rasul

Selain keutamaan yang sudah dijelaskan, masih ada keistimewaan dari hari Senin dan Kamis, yakni memiliki hubungan dengan Rasulullah. Dari sebuah hadis sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senin dan Rasul menjawab, “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau mulai diturunkannya wahyu”.

Tak hanya itu, melalui Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu mengatakan keistimewaan hari Kamis, yakni “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk dan memang beliau suka keluar atau melakukan perjalanan pada hari Kamis.”

Berdasarkan dua hadis ini, dapat disimpulkan bahwa dua hari tersebut merupakan hari penting bagi Rasul. Untuk iru, sangat wajar apabila Hari Senin dan Kamis sangat istimewa hingga seorang Muslim disunnahkan menjalankan puasa.

Demikian informasi terkait niat puasa Senin Kamis dan beberapa keutamaannya. Apabila ingin mendapatkan keberkahan dan pahala, pastikan untuk rutin menjalankan puasa Senin dan Kamis, ya.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *