oleh

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

5W1HINDONESIA.IDZONA MUSLIM – Jadwal puasa Ramadhan 2023 sudah mulai banyak dicari umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan sendiri merupakan bulan ketujuh dalam kalender Islam Hijriah yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin.

Selama Ramadhan, kaum muslimin akan melaksanakan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jadwal puasa di bulan Ramadhan, simak pembahasan berikut.

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 (1444 Hijriah)

Jika melihat dari pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama akan menetapkan kapan awal puasa di bulan Ramadhan 2023. Kemenag biasanya menyelenggarakan sidang isbat yang dilakukan pada hari-hari terakhir di bulan Sya’ban menurut kalender Hijriah.

Ketika mengacu pada kalender Islam Hijriah tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kemenag RI, awal Ramadhan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22 hingga 23 Maret 2023. Hal ini dilihat dari perhitungan kalender hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang ditetapkan pada tanggal 22 sampai 23 April 2023.

Sementara itu, otoritas Uni Emirat Arab atau UEA juga telah memprediksi awal Ramadhan untuk tahun 2023 adalah pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Prediksi ini berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Persatuan Astronomi Internasional atau Arab Union for Astronomy and Space Science/AUASS.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Puasa Ramadhan

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat lagi berkah. Sebab, di bulan Ramadhan inilah segala keberkahan dan pengampunan akan datang. Karena itu, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yakni:

Perbanyak doa dan amalan

Menjelang datang bulan suci Ramadhan, hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Selain berdoa, usahakan juga untuk memperbanyak amalan baik, seperti bersedekah.

Bertaubat

Sebagai seorang manusia, sudah sepatutnya memiliki banyak kesalahan dan tak luput dari dosa. Karena itu, sudah menjadi suatu kewajiban bagi manusia untuk bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah SWT, terutama saat menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Gambar Gravatar
(Visited 25 times, 1 visits today)
Baca Juga  6 Golongan Penghuni Surga Firdaus yang Perlu Diketahui

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *