oleh

Alasan Kenapa Bantalan Rel Kereta Api Diberi Batu Kerikil, Ternyata Ada Fungsi Lain Loh!

-Travel-29 views

5W1HIndonesia.id, Transportasi – Pernahkah Anda bepergian menggunakan transportasi Kereta Api, jika diperhatikan pada alas rel kereta api ada banyak bebatuan kerikil yang berserakan. Lantas apa fungsinya?

Ya, kereta api merupakan salah satu moda transportasi darat yang hingga saat ini banyak diminati. Tidak hanya bebas dari kemacetan, kereta api adalah salah satu transportasi yang ekonomis di kantong.

Dikutip dari akun Twitter resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) @KAI121 melalui Kumparan, ternyata batu kerikil di sekitar rel kereta api yang dinamakan ballast atau kricak ini memiliki fungsi penting.

Baca Juga  4 Kali Berturut-turut, Indonesia Raih Destinasi Selam Terbaik di Dunia

“Kricak sendiri ternyata memiliki fungsi utama untuk menahan getaran dan mengurangi guncangan kereta api saat melintas di jalur rel, sehingga mencegah pergeseran dan perubahan bentuk pada rel kereta api,” ungkap keterangan dalam video yang diunggah KAI dikutip dari Kumparan.

Fungsi bantalan kerikil ini tak hanya untuk menjaga kestabilan rel dan menyalurkan beban kereta api. Tapi, batu kerikil memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan tanaman liar di dasar rel kereta api.

Baca Juga  Tahun Baru Imlek 2021, Ini 7 Faktanya

Dengan tumpukan kerikil cahaya matahari terhalang untuk menyinari secara langsung tanah di bawah rel, sehingga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan tanaman liar tersebut.

“Selain itu, kricak berfungsi untuk menghambat tanaman liar yang tumbuh di sekitar rel kereta api, karena dapat mengganggu struktur jalur dan mengakibatkan tanah di bawah rel jadi tidak stabil,” ungkapnya.

Jika lintasan kereta api hanya disangga oleh sepasang baja, tentunya gaya yang dihasilkan dari kereta api tak bisa diredam secara oleh rel tersebut. Dengan begitu, gaya yang ditimbulkan kemungkinan berdampak pada terjadinya pergeseran dan perubahan bentuk rel.

Baca Juga  Suka Piknik Sendirian, Ini Lima Hal Perlu Diperhatikan

“Kricak juga berfungsi untuk menyalurkan beban kereta api ke bantalan rel,” lanjut video tersebut.

Hal yang paling terpenting, kricak berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi tanah akibat hujan dan banjir yang dapat menyebabkan rel ambles atau anjlok. (FO/SA)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed