close
Zona Muslim

5 Bacaan Doa Saat Ditimpa Kesusahan, Wajib Diamalkan!

×

5 Bacaan Doa Saat Ditimpa Kesusahan, Wajib Diamalkan!

Sebarkan artikel ini
doa saat ditimpa kesusahan
Ilustrasi Doa Saat Ditimpa Kesusahan || Photo by 1388843 on Pixabay || 5W1HINDONESIA.ID

5W1HINDONESIA.IDZONA MUSLIM – Doa saat ditimpa kesusahan bisa diamalkan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Dalam menjalani kehidupan di dunia, setiap manusia tentu pernah menghadapi atau mengalami kesulitan.

Kesusahan hidup yang dialami ini bisa jadi merupakan bentuk ujian dari Allah SWT untuk mengukur kadar keimanan dan ketakwaan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai doa yang bisa dipanjatkan saat tertimpa kesulitan, yuk simak ulasan berikut.

Doa Saat Ditimpa Kesusahan yang Bisa Dibacakan

Seorang muslim yang bertawakal di tengah kesulitan dengan memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT berhak disebut sebagai orang beriman. Adapun beberapa bacaan doa saat menghadapi masalah atau kesulitan, antara lain:

1. Doa Saat Mengalami Kesulitan

Berdasarkan riwayat dari Ali bin Abi Thalib, HR. Nasa’i dan Ibnu Sinni, terdapat doa yang bisa dibaca ketika menghadapi kesulitan. Doanya adalah “Laa ilaaha illallaahul kariimul ‘adzhiim, subhaanahu tabaarakallaahu rabbul ‘arsyil ‘adzhiim, Alhamdulilaahi rabbil ‘aalamiin”.

Arti dari doa ini, yaitu “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Mulia lagi Maha Agung, Maha Suci Dia, Maha Berkah Allah, Rabb Arasy yang Agung, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam”.

2. Doa Nabi Ayyub AS

Ketika mengalami kesulitan di dunia, umat muslim dapat memanjatkan doa yang diambil dari Al-Qur’an Al Anbiya ayat 83. Bunyi ayat surat tersebut adalah “Anni massaniyad-durru wa anta ar-hamur-rahimin”.

Doa ini memiliki arti, “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. Nabi Ayyub AS memanjatkan doa saat mendapat cobaan dari Allah SWT, berupa penyakit kulit yang membuat orang-orang menjauhinya.

Hal ini pun dikisahkan dalam surat Al Anbiya ayat 84 yang artinya, “Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami”.

3. Doa Sapu Jagat

Saat menghadapi kesulitan, doa sapu jagat bisa dipanjatkan untuk menenangkan hati. Bacaan doanya adalah “Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanatan wa ful aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaaban naar”.

Doa satu ini memiliki arti, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (Riwayat dari Anas bin Malik, HR. Bukhari dan Muslim)

(Visited 22 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *